Perayaan HUT Jambi ke 65 Diwarnai Perlombaan Melukis Sungai Batanghari

Gubernut Jambi Al Haris saat melihat langsung lomba melukis sungai batanghari oleh para siswa SD. foto : kominfo Jambi 

JAMBI - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 65 Provinsi Jambi 6 Januari 2022, diwarnai perlombaan melukis sungai batanghari. Perlombaan melukis sungai batanghari ini diikuti 200 siswa sekolah dasar (SD) se Provinsi Jambi. 

Pihak penyelengara adalah Yayasan Sahabat Sungai Batanghari. Yayasan ini didirikan mantan Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA) dan Pinto Jaya Negara Abidin sebagai ketua yayasan. 

Perlombaan yang merupakan rangkaian kegiatan HUT Jambi ini dilaksanakan di Kawasan Pasar Angso Duo, Kota Jambi, Rabu (5/1/22). 

 Adapun tujuan lomba ialah untuk menanamkan rasa peduli kepada masyarakat Jambi sejak dini, terhadap pentingnya melestarikan sungai batanghari. 

Gubernur Jambi Al Haris mengatakan bahwa, lomba melukis sungai batanghari ini merupakan momentum memperkenalkan dan menanamkan rasa peduli terhadap sungai batanghari kepada generasi muda. 

Dengan begitu, perlombaan ini diharapkan dapat melatih ketekunan anak-anak sebagai peserta lomba. Peserta lomba juga dapat menunjukan kreativitas mereka kepada publik. 

“Saya mengharapkan, ajang lomba ini dapat menunjukkan kreativitas dan melatih ketekunan anak-anak serta menanamkan rasa kepedulian generasi muda terhadap sungai batanghari," sebutnya. 

Menurut Al Haris, sungai batanghari merupakan sungai kebanggaan masyarakat Jambi. Sungai ini panjangnya lebih kurang 800 kilometer yang berpangkal di Pegunungan Bukit Barisan, bermuara di Selat Berhala serta berujung di Laut Cina Selatan. 

Sungai ini menjadi saksi bisu kejayaan peradaban masa lalu kerajaan Melayu dan merupakan Daerah Aliran Sungai (DAS) terbesar kedua di Indonesia, yang mencakup 4 Provinsi, yaitu; Provinsi Jambi, Sumatera Selatan, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau. 

"Sungai ini merupakan sumber kehidupan masyarakat Jambi, sehingga masyarakat Jambi wajib menjaga dan melestarikannya. Mari kita jaga jangan sampai membuang sampah ke sungai," tambah Al Haris. 

Sementara itu, Ketua Pelaksana Lomba Melukis Sungai Batanghari, Sigit Eko mengatakan, jumlah peserta lomba melukis sungai batanghari tersebut sebanyak 200 orang, yang berasal dari siswa sekolah dasar se Provinsi Jambi. (Rizal Ependi) 

Sumber : Diskominfo Provinsi Jambi
Diberdayakan oleh Blogger.