Dituduh Penyalahgunaan Dana, Jaksa Agung Qatar Perintahkan Penangkapan Menteri Keuangan



JAKARTA Jaksa Agung Qatar telah memerintahkan penangkapan terhadap Menteri Keuangan Ali Shareef Al Emadi sebagai bagian dari penyelidikan skala besar atas dugaan penyalahgunaan dana publik dan penyalahgunaan kekuasaan, menurut media pemerintah.


Kantor Berita Qatar (QNA) melaporkan pada hari Kamis (6/5/2021), bahwa keputusan itu diambil setelah peninjauan dokumen dan laporan mengenai kejahatan yang terkait dengan sektor publik. "Investigasi "diperluas" sedang dilakukan," katanya.

“Jaksa Agung telah memerintahkan penangkapan Menteri Keuangan Ali Sharif Al Emadi, dan pertanyaannya tentang hal-hal yang muncul dalam laporan-laporan tentang kejahatan yang berkaitan dengan jabatan publik, seperti perusakan dana publik, eksploitasi jabatan, dan penyalahgunaan kekuasaan,” tambah QNA.

Al Emadi, yang mengawasi pertumbuhan Qatar National Bank, menjabat sebagai menteri keuangan sejak Juni 2013, sehari setelah Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani mengambil alih kepemimpinan negara itu Dirinya akan ditanyai tentang kejahatan yang dilaporkan terkait dengan jabatannya termasuk kerugian uang publik dan penyalahgunaan kekuasaan.

Al Emadi telah menjadi pendukung sistem keuangan negara, membantu mengubah Qatar National Bank dari juara lokal menjadi pemberi pinjaman terbesar di kawasan itu sebagai kepala eksekutifnya dari tahun 2007 hingga 2013. Saat ini dia menjabat sebagai ketua dewan direksi, adalah presiden dewan eksekutif Qatar Airways, dan juga di dewan Otoritas Investasi Qatar, dana kekayaan kedaulatan negara.

Baru-baru ini, di tengah spekulasi bahwa Al-Emadi tidak disukai, ia digantikan sebagai ketua Pusat Keuangan Qatar - sebuah platform di mana sebagian besar perusahaan keuangan asing yang bekerja di negara itu terdaftar dan di antara lembaga yang mendorong investasi asing.

Obligasi dolar Qatar mempertahankan sebagian besar keuntungan mereka sebelumnya setelah berita tersebut, dengan imbal hasil keamanan yang jatuh tempo 2050 turun sekitar 5 basis poin menjadi 3,4 persen. Pasar saham negara itu tutup selama akhir pekan. (harianterbit.com/hermansyah)
Diberdayakan oleh Blogger.