Wagub Abdullah Sani Apresiasi Rakornis Bidang Perhubungan Tahun 2023 Yang Diselenggarakan Dishub Provinsi Jambi

 

JAMBI -  Dinas Perhubungan Provinsi Jambi menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Perhubungan Tahun 2023 tingkat Provinsi Jambi pada Senin (27/11/2023). Acara yang berlangsung selama 27 dan 28 November ini, bertempat di Hotel Odua Weston Kota Jambi.

Rapat ini diikuti, berbagai stakholder perhubungan yakni Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Jambi, KSOP Talang Duku, KSOP Kuala Tungkal, KSOP Muara Sabak, UPP Kelas III Nipah Panjang, UPP Kelas III Mendahara, UPBU Kelas III Muara Bungo, UPBU Kelas III Depati Parbo Kerinci, BMKG Provinsi Jambi, PT Angkasa Pura II Bandara Sultan Thaha Jambi, PT Jasa Raharja Jambi, PT Pelindo Regional II Jambi, Airnav Jambi, Perum Damri Jambi dan Sekretaris, para Kepala Bidang dan Kepala UPTD pada Dinas Perhubungan Provinsi Jambi.

Rakornis ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Jambi Drs.H. Abdullah Sani, M.Pdi. Wagub   memberikan apresiasi atas dilaksanakannya rapat koordinasi teknis yang memiliki makna penting guna membangun sinergi bersama antara pemangku kepentingan pada sektor transportasi khsususnya di Provinsi Jambi.

“Rakornis ini mengandung makna bahwa selaku insan perhubungan bertekad untuk bersatu dan bergerak bersama dalam upaya mewujudkan transportasi yang manusiawi dari sisi penyediaan sarana prasarana, andal dalam performa, tertib dan teratur dalam penyelenggaraan pelayanan, aman dalam operasional, terpadu antar dan inter moda angkutan serta selamat dalam upaya mendukung terwujudnya Jambi Mantap 2024,” ucapnya.

Ditambahkan Wagub,  seperti dietahui bersama bahwa tantangan dalam mewujudkan tujuan penyelenggaraan transportasi di masa mendatang semakin berat dan kompleks, oleh karenanya dengan sinergi dan kolaborasi kita bersama antar tingkatan dan wilayah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota sesuai dengan kewenangan serta tekad yang kuat, Insya Allah akan terasa lebih ringan dan dapat segera terwujud.

” Dengan semakin cepatnya perkembangan teknologi transportasi dan didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai menyebabkan sektor transportasi menjadi sangat penting dalam menopang perekonomian nasional dan daerah. Provinsi Jambi saat ini menjadi salah satu lokus Proyek Strategis Nasional (PSN), salah satunya ialah pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Hal itu tentunya berdampak terhadap sektor transportasi dengan akan semakin meningkatnya arus orang dan barang dari dan menuju atau melintasi Provinsi Jambi,” ucap Wagub.

Oleh karena itu, pembangunan tersebut harus didukung dengan konektivitas wilayah antara pusat-pusat kegiatan melalui perencanaan struktur ruang yang baik dan mengacu pada Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Tataran Transportasi Wilayah (Tatrawil) sehingga tatanan transportasi menjadi lebih terorganisir secara kesisteman, baik antar moda maupun intermoda.

“Pada akhirnya, apa yang menjadi visi dan misi kepala daerah yang termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dalam memulihkan perekonomian daerah melalui pengelolaan komoditas unggulan yang berkelanjutan (ekonomi hijau) guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan sasaran memantapkan kualitas pelayanan dasar dan infrastruktur dasar dapat terpenuhi sesuai dengan target yang telah ditetapkan,” sebut Wagub.

Sebelumnya, dalam laporannya selaku Ketua penyelenggara kegiatan, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Drs. John Eka Powa, ME mengatakan tujuan diselenggarakan Rakor ini untuk mesinergikan, menyelaraskan dan mengharmoniskan kepentingan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan stakeholder lainnya. “Yakni dalam rangka pembangunan dan penyelenggaraan pelayanan jasa transportasi yang tertib, lancar, teratur, nyaman, aman, selamat dan sehat dalam mewujudkan Jambi Mantap 2024,” ucap Kadishub.

Dikatakan, Kadishub, tema yang diambil dalam Rapat Koordinasi Teknis Bidang Perhubungan Tahun 2023 kali ini adalah : “Dengan Pelaksanaan Rakornis Kita Tingkatkan Sinergitas Insan Perhubungan Menuju Terwujudnya Jambi Mantap 2024”. (***)

 

Diberdayakan oleh Blogger.