Peluang Kerja Semakin Sulit, Para Sarjana Dituntut Berkarya Wujudkan Kemandirian Ekonomi

Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani. foto ist

JAMBI - Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani Menekankan para sarjana di Jambi agar terus berusaha dan berkarya. Karena saat ini peluang mendapatkan pekerjaan semakin sulit sebagai dampak kemajuan teknologi disegala sektor. 

"Apalagi saat ini kita dihadapkan dengan revolusi industri 4.0 dan society 5.0 yang mengutamakan produktivitas dan hasil karya," ujar Sani dalam sambutannya saat menghadiri undangan Wisuda STAI Mabaul Ulum di salah satu hotel di Jambi, Senin (27/12/21). 

Pun demikian, menurut Sani, para wisudawan tak boleh menyerah begitu saja, jadikan hal itu sebagai pelecut semangat. Karena para wisudawan ini diharapkan dapat berkontribusi dalam pembangunan. 

Sani tak hanya sebatas memberi semangat, dia juga menaruh harapan besar kepada para wisudawan agar kelak menjadi para sarjana yang memiliki sumberdaya manusia (SDM) handal. 

"Paling penting kedepannya harus berkontribusi terhadap peningkatan kemajuan Provinsi Jambi," harapnya. 

Sejujurnya, peningkatan SDM bukan hanya mutlak tugas lembaga pendidikan. Namun juga tugas pemerintah. Bahkan, ini menjadi salah satu visi dan misi JAMBI MANTAP dalam membangun Provinsi Jambi. 

"Saya juga berharap STAI Mabaul Ulum Jambi, dapat membangun kreativitas dan inovasi agar para mahasiswa dapat mencapai hasil maksimal. Memiliki SDM, berprestasi, berfikir kritis dan berkontribusi serta menemukan solusi atas sebuah permasalahan," sebutnya. 

Sani menambahkan, salah satu upaya untuk meningkatan SDM, para mahasiswa harus aktif menggelar dialog konstruktif sebagai ajang diskusi guna memperluas wawasan. Mahasiswa juga dituntut pro aktif melakukan kajian dan penelitian dalam menyikapi permasalahan. 

"Jadi walaupun telah diwisuda, saudara -saudara harus terus menggali potensi diri serta harus adaptif dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi," pungkasnya. (Rizal Ependi)
Diberdayakan oleh Blogger.