Hargai Jasa Pejuang, Gubernur Jambi Akan Kukuhkan Keberadaan Keturunan Sultan Thaha Syaifuddin

Gubernur Jambi Al Haris saat menerima audensi keturunan Raja Jambi. foto kominfo Jambi 


JAMBI - Gubernur Jambi Al Haris akan mengukuhkan keberadaan keturunan Raja Jambi Sultan Thaha Syaifuddin. Hal Ini bertujuan untuk menjaga agar sejarah Jambi tentang perjuangan Sultan Thaha Syaifuddin tidak hilang. 

Rencana pengukuhan keberadaan keturunan Sultan Thaha Syaifuddin ini terungkap setelah Al Haris menerima audensi Keturunan Raja Jambi tersebut, di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (4/1/22). 

Al Haris saat itu menerima kunjungan Wan Pitra Nugraha yang merupakan keturunan Sulthan Thaha Syaifuddin yang telah dinobatkan sebagai pahlawan Nasional asal Jambi. 

Al Haris mengatakan, audensi dengan Wan Pitra Nugraha ini dalam rangka rencana pengukuhan terhadap keturunan Sulthan Thaha Saifuddin. "Audensi ini dalam rangka pengukuhan terhadap keturunan Sultan Thaha," ujar Al Haris. 

Keberadaan Sultan Thaha Syaifuddin tak lepas dari sejarah perjuangan rakyat Jambi dalam merebut kemerdekaan. Sultan Thaha memiliki keturunan di Jambi. Oleh sebab itu harus dikukuhkan jangan sampai ada kesan bahwa Raja Jambi ini tidak memeiliki keturunan. 

"Dengan begitu, para generasi muda tidak ragu serta bertanya-tanya tentang kebenaran akan adanya Sultan Thaha," katanya. 

 Al Haris menambahkan. “Saya kira perlu pewaris yang kita akui sampai hari ini supaya keberadaan Sultan Thaha sebagai pejuang Jambi dan sebagai Sultan Jambi tidak hilang," tambahnya. 

Menurut Al Haris, keberadaan ahli waris dari Raja Jambi ini harus jelas. Maksudnya, harus ada struktur mulai dari Sulthan Thaha Syaifuddin sampai ke keturunannya yang ada saat ini. 

Al Haris mengaku dirinya akan membantu guna memperjelas sejarah Jambi karena merupakan bagian dari budaya Jambi. 

Sementara itu, Raden Wan Pitra Nugraha diketahui adalah keturunan ke 5 dari Sultan Thaha Syaifuddin. Raden Wan Pitra Nugraha adalah putra Raden Abdurrahman bin Raden Jafar bin Inu Kertapati bin Sultan Thaha Syafuddin. 

Pada kesempatan yang sama, Raden Wan Pitra Nugaha mengatakan, tujuan audiensi bersama Gubernur Jambi untuk menyampaikan visi misi keturunan Sultan Thaha dalam mengangkat kembali marwah Raja Jambi. 

"Untuk mengangkat kembali marwah Raja Jambi ini, kami mengharapkan dukungan pemerintah dan masyarakat Jambi," sebutnya. 

Raden Wan mengaku dalam hal ini keturunan Sultan Thaha memiliki program rencana jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Kemudian ada juga program – program yang akan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi. 

"Program-program tersebut telah kita diskusikan bersama keturunan raja – raja di luar Jambi. Kami akan mengangkat nama Sultan Thaha Syaifuddin hingga dikenal sampai ke luar negeri," tutupnya. (Rizal Ependi) 


 Sumber : Kominfo Provinsi Jambi
Diberdayakan oleh Blogger.