Ketua DPRD Provinsi Jambi: Pers Harus Konsisten Menyuguhkan Karya Jurnalistik Edukatif

 

JAMBI -  Pers harus senantiasa menyuguhkan karya-karya jurnalistik edukatif untuk memberikan kearifan kepada masyarakat agar tetap menjalani kehidupan berdasarkan nilai-nilai sosial, moral dan religius. Kemudian pers juga harus tetap memainkan peran sebagai kontrol sosial guna mengarahkan kinerja pemerintahan dan swasta tetap berjalan pada rel kebenaran.

“Pers memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat dan pemerintahan. Karena itu pers harus bisa menyuguhkan karya-karya jurnalistik yang mengedukasi. Pers juga harus mampu menjalankan fungsinya menjadi kontrol sosial guna mencegah penyimpangan-penyimpangan pembangunan,”kata Ketua DPRD Provinsi Jambi, H Edi Purwanto, SHI, MSi terkait dengan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 di Jambi, Jumat (9/2/2024).

Edi Purwanto menyampaikan selamat HPN kepada seluruh jajaran pers (jurnalis) yang hingga kini masih tetap mampu mempertahankan eksistensinya sebagai lembaga sosial pembawa perubahan. Edi Purwanto juga mengapresiasi pers nasional yang berperan penting membangun kehidupan demokratis di Indonesia.

“Selamat HPN. Mari mari bersama-sama kita bangun komitmen menjadikan pers tetap kokoh menjadi pilar demokrasi. Peranan pers di Indonesia selama ini sangat penting membangun demokrasi di negara kita ini. Peran tersebut harus tetap dipertahankan agar kehidupan demokrasi di Indonesia semakin baik,”katanya.

Dikatakan, perjalanan reformasi di Indonesia tidak terlepas dari kehadiran Pers. Konsistensi pers mengawal reformasi hingga kini harus terus dipertahankan agar cita-cita reformasi bangsa benar-benar terwujud sepenuhnya.

“Saya mengapresiasi kinerja pers selama ini yang tetap mampu mengawal perjuangan reformasi bangsa. Perjuangan reformasi tersebut antara lain mencegah dan memberantas korupsi serta menghidupkan demokrasi,”katanya.

Edi Purwanto lebih lanjut mengatakan, insan pers harus tetap berpegang teguh terhadap komitmen dalam menjalankan kode etik jurnalistik. Dengan demikian, karya jurnalistik yang dihasilkan mampu menjadi garda terdepan menangkal hoax (berita bohong).

Menghadapi Pemilu 2024, Edi Purwanto mengajak insan pers memberikan informasi-informasi yang akurat, berimbang dan sesuai fakta di lapangan. Hal itu penting karena insan pers merupakan bagian penting mengawal demokrasi, termasuk dalam suasan pemilu saat ini.

“Kawan-kawan insan pers inilah yang mampu memberikan informasi yang akurat, berimbang dan sesuai fakta di lapangan. Karena itu saya berharap kawan-kawan insan pers tetap berpegang teguh pada kerja profesional, sesuai kode etik jurnalistik dan tetap berintegritas (berpendirian teguh) melawan hoax,”katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Jambi, Drs Ariansyah, ME mengatakan, seluruh elemen masyarakat dan jajaran pemerintahan mengharapkan pers tetap memainkan peran pentingnya mendukung pembangunan di daerah. Dukungan pers sangat penting dalam pembangunan masyarakat dan pemerintah daerah, sebab pers melalui karya-karya jurnalistik yang tersiar di berbagai media massa bisa menjangkau masyarakat yang sangat luas, termasuk ke daerahdaerah terpencil.

“Pers menjadi jembatan komunikasi yang baik antara masyarakat dengan pemerintah daerah. Aspirasi masyarakat dan kondisi pembangunan di lapangan bisa diketahui aparatur pemerintah melalui media masa. Selanjutnya, program-program pembangunan juga bisa tersosialiasi lebih luas melalui media massa. Karena itu pers harus tetap kosisten menjalankan fungsinya menjadi jembatan komunikasi,”katanya. (Matra/AdeSM).

Diberdayakan oleh Blogger.