UIN STS Jambi Didorong Lahirkan Inovasi Sistem Ekonomi dan Bisnis Islam Digital

  JAMBI - Yudisium angkatan XVII Tahun 2023 fakultas ekonomi dan bisnis islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Bertajuk, mewujudkan alumni yang berkarakter dan Inovatif dalam pengembangan ekonomi dan bisnis islam berbasis digital dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi H. Sudirman di BW Luxury Hotel Kota Jambi, Kamis (23/11/2023).

Dikatakan Sekda Sudirman, mendorong Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin Jambi untuk melahirkan inovasi dan gebrakan kreatif terkait penguatan digitalisasi sistem ekonomi dan bisnis Islam.

“Atas nama pemerintah Provinsi Jambi, mengucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa-mahasiswi fakultas ekonomi dan bisnis islam hari ini di yudisium.”

Berkat kerja keras dan kesabarannya menuntut ilmu akan membawa keberkahan dan bermanfaat bagi semua. Saya percaya, adik-adik semua dapat memberikan perubahan dan pembenahan dakwah ekonomi islam yang mendorong lahirnya inovasi dan gebrakan kreatif terkait penguatan digitalisasi sistem ekonomi dan bisnis Islam.”

Masyarakat Indonesia kini sudah berada di titik kemajuan dan mengerti mengikuti perkembangan teknologi. Pesatnya perkembangan IPTEK dikalangan masyarakat inilah yang semakin meningkat parameter pertumbuhan perekonomian digital suatu negara maupun daerah, katanya.

Lebih lanjut diuraikan, zaman sekarang hampir semua kegiatan ekonomi menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara digital dalam memproduksi mendistribusikan dan mengkonsumsi barang maupun jasa.

Karena digitalisasi sistem ekonomi tersebut telah mempermudah semua proses transaksi yang dilakukan oleh masyarakat tanpa mengenal batas ruang dan waktu.

Diharapkan seluruh mahasiswa-mahasiswi fakultas ekonomi dan bisnis islam ini agar semua bentuk transaksi (baik bisnis maupun non bisnis) yang dilakukan dalam ekonomi digital tersebut dapat adaptif dan maju sesuai dengan perubahan zaman.

Namun tetap berlandaskan syariat islam, sehingga terwujud penguatan ekonomi dan bisnis islam berbasis digital yang bermanfaat untuk pembangunan serta untuk peningkatan ekonomi islam.

Tentu saja dibutuhkan peran seluruh pemangku kepentingan hingga akademisi untuk merealisasikannya bersama-sama dengan pemerintah Provinsi Jambi yang terus berupaya meningkatkan kesiapan masyarakat menghadapi kemajuan teknologi, khususnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di era digital.

Dalam Program Dumisake sebagai upaya percepatan dan pemerataan pembangunan, dalam pilar Jambi cerdas dan pintar, pemerintah Provinsi Jambi mengadakan akses internet untuk desa kelurahan, guna menunjang e-leaning dan e-business.

Tahun 2022 terealisasi 121 desa kelurahan. Tahun 2023 ditargetkan untuk 80 desa kelurahan, kata Sudirman.

Disamaping itu, pemerintah Provinsi Jambi juga mendorong tumbuhnya kewirausahaan dan UMKM melalui pilar Jambi tangguh. Memberikan bantuan modal kerja bagi UMKM, industri rumah tangga, seperti bantuan modal kerja bagi usaha kecil mak-mak, UMKM pemula (Start-up) dan UMKM milenial. Tahun 2022 telah terealisasi untuk 1.453 UMKM.

Pada 4 Mei 2023, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin telah mengukuhkan komite daerah ekonomi dan keuangan syariah (KDEKS) yang dapat membawa kemajuan signifikan ekonomi dan bisnis islam di Provinsi Jambi.

Tantangan dalam perkembangan digital ini agar tidak hanyut dan menjadi korban sisi negatif kemajuan teknologi, manfaatkan peluang digital untuk mengasah keterampilan, mengadopsi mindset yang inovatif dan kreatif.

Serta mencari inspirasi strategis dengan melakukan aksi nyata bersama dengan pemerintah, membangkitkan gairah ekonomi bernuansa islami,” sambung Sekda Sudirman.

“Saya meyakini para mahasiswa mampu membawa perubahan positif yang signifikan dan menjadi pelaku dalam mendorong perkembangan ekonomi syari’ah di Indonesia, khususnya di Provinsi Jambi.

Manfaatkan program yang ada maupun perkembangan digitalisasi untuk membuka peluang baru dalam kehidupan. Semoga dari tangan emas kalian, akan terbuka lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan kualitas ekonomi daerah yang kita cintai ini, ujar Sekda Sudirman.

Sementara, Wakil Rektor II UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Dr. As’ad Isma mengataka, sebanyak 274 mahasiswa-mahasiswi yang di yudisium angkatan XVII Tahun 2023 fakultas ekonomi dan bisnis islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Harus yakin dengan kemampuan dan percaya diri karena setiap manusia mempunyai kemampuan dan kelebihan masing-masing untuk bisa berkerja dengan baik.

Buktinya saat ini sudah banyak mahasiswa kita ini bekerja di perusahaan dan di kantor lain, katanya. (***)
Diberdayakan oleh Blogger.