Hubungan Rusia-UE Mencapai Titik Terendah

foto : harianterbit.com

JAKARTA - Utusan Rusia untuk Uni Eropa Vladimir Chizhov pada hari Kamis (16/6/2022) mengatakan jika Rusia dan Uni Eropa memilih untuk tidak menutup pintu meskipun hubungan mereka mencapai titik terendah yang pernah ada.

Dia membuat pernyataan pada pertemuan Klub Diskusi Internasional Valdai, yang berlangsung di tempat Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg. "Adapun hubungan kami, mereka berada pada titik terendah sepanjang waktu tidak hanya dari pekerjaan saya sebagai utusan Rusia untuk UE, tetapi sepanjang waktu keberadaan mereka," katanya.

"Tentu saja, kami tidak membanting pintu dan mereka juga terlalu berhati-hati untuk membanting pintu, karena, apapun yang dikatakan orang, Uni Eropa tetap menjadi mitra perdagangan dan ekonomi terbesar kami."

Lebih lanjut Vladimir Chizhov mengatakan jika kedua belah pihak mengerti, bahwa tidak akan ada lagi bisnis seperti biasa.

"Apa yang terjadi selanjutnya? Apakah UE akan mempertimbangkan kembali posisinya mengenai Rusia dan kami akan bersama-sama atau secara paralel merancang pondasi baru untuk hubungan, atau Eropa, yang diwakili oleh UE, akan berubah menjadi halaman belakang pembangunan global selama beberapa dekade mendatang," kata Chizhov.

Editor: Hermansyah Terbit

sumber : harianterbit.com

Diberdayakan oleh Blogger.