11 Tokoh dan Lembaga Terpilih Raih Jakarta Youth Award 2020

 JAKARTA - Koalisi Masyarakat Sipil untuk Pemuda Jakarta kembali menggelar Jakarta Youth Award 2020. Pada tahun ini, tercatat ada 11 tokoh dan lembaga yang terpilih untuk mendapatkan Jakarta Youth Award 2020. Mereka dinilai berhasil memberikan kontribusi sesuai bidang keahliannya. 

Ketua Panitia Seleksi Jakarta Youth Award 2020 Ahmad Sulhy, mengatakan, penganugerahan Jakarta Youth Award 2020 ini berdasarkan kriteria memiliki komitmen yang jelas dalam profesi masing-masing dan secara ikhlas memberikan sumbangsih terbaik terhadap wilayah DKI Jakarta. 

Berikutnya, secara konsisten dan pemahaman yang mendalam di bidang/profesinya masing-masing dalam pembangunan di wilayah DKI Jakarta. 

"Secara konsekuen rela memegang amanah tugas dan tanggung jawab di pundaknya yang secara kontinyu dan berani mempertahankan ide, gagasan, serta gerakan nyata tanpa ada paksaan ataupun intervensi kepentingan manapun," ungkap Sulhy di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (28/10/2020). 

Sulhy menambahkan, penghargaan ini dilakukan dengan cara melakukan kajian dan verifikasi selama empat bulan terakhir, terhitung sejak bulan Juli-Oktober 2020. 

Caranya, dengan melakukan kajian atas pernyataan di beberapa media online dan metode survei 

"Kami mengusulkan 65 orang, yang akhirnya berhasil kami saring menjadi 11 yang terdiri dari tokoh dan lembaga yang layak memenuhi kriteria mendapatkan Jakarta Youth Award 2020," ujar Sulhy. 

Adapun kesebelas tokoh dan lembaga tersebut adalah Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Juaini Yusuf; Direktur Utama PT Jakarta Tourisindo (Jaktour) Novita Dewi; Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi; Walikota Jakarta Pusat Bayu Meghantara; Ketua Koni DKI Jakarta Laksma TNI (Purn) Djamhuron P Wibowo; Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama; Anggota Komisi III DPR asal Fraksi Gerindra Habiburokhman; Ikatan Dokter Indonesia; Persatuan Perawat Nasional Indonesia; Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta Wibi Andrino dan Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti. 

Sementara, Koalisi Masyarakat Sipil Untuk Pemuda Jakarta sendiri terdiri dari Himpunan Masyarakat untuk Kemanusiaan dan Keadilan (HUMANIKA Jakarta), Koalisi Perkotaan Jakarta (Jakarta Urban Coalition), Jakarta Public Service (JPS), Komunitas Peduli Pendidikan Jakarta (KPPJ), Jakarta Monitoring Networking (JMN), Masyarakat Pemantau Olahraga Jakarta (MPOJ), Lembaga Pengembangan Peran Serta Masyarakat (LP2SM) dan Lembaga Pemantau Jakarta (LPJ).


Motivasi 

Dalam kesempatan tersebut, melalui video, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) memberikan testimoninya. Ariza juga pernah memperoleh Jakarta Youth Award pada 2012 lalu. 

Ia mengatakan, sudah 10 tahun sejak tahun 2010 dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, panitia Jakarta Youth Award telah memberikan penghargaan untuk anggota masyarakat yang berperan aktif atau berkontribusi membangun Jakarta serta menginspirasi para pemuda Jakarta. 

"Saya bersyukur dan terima kasih telah mendapatkan pada tahun 2012. Jakarta Youth Award telah menyebarkan keteladanan dan menginspirasi banyak orang untuk memajukan kota ini lewat berbagai bidang pengabdian," kata Ariza. 

Sementara, Juaini Yusuf mengatakan, penghargaan ini menjadi makin memotivasi dirinya dan Dinas SDA dalam penanggulangan banjir di ibukota. 

"Saya juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama menekan banjir. Cara yang paling gampang tidak buang sampah di kali atau saluran air," kata Juaini. (harianterbit.com)

 

Diberdayakan oleh Blogger.