Jumlah Pengangguran di Jambi Mencapai 80 Ribu Orang Lebih



JAMBI - Sampai bulan Februari 2020 jumlah pengangguran di Provinsi Jambi mencapai 80.337 orang. Kondisi ini diperparah dengan terjadinya pandemi Covid 19 yang menyumbang angka pengangguran sebesar 4.710 orang.

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi Sudirman mengatakan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi, jumlah tenaga kerja yang dirumahkan akibat pandemi Covid 19 mencapai 4.582 orang dan yang di PHK sebanyak 128 orang.

"Sedangkan hingga Februari 2020 jumlah penduduk Provinsi Jambi yang bekerja sebanyak 1.740 ribu orang dari total jumlah penduduk sebesar 3.624.579 jiwa," ujar Sudirman.

Tak dapat dipungkiri, Pandemi Covid 19 ini memberikan dampak negatif terhadap dunia kerja yang berimbas pada menurunya tingkat perekonomian masyarakat Jambi.

Sebagai upaya pemulihan, Pemda Jambi telah mengambil langkah, salah satunya dengan melepas 270 orang peserta magang pada perusahaan di Jambi.

Pemagang tersebut akan disalurkan ke sejumlah perusahaan yang bergerak pada sektor perkebunan, industri dan pariwisata.

"Ini merupakan langkah terpadu dalam rangka memulihkan sektor ketenagakerjaan," kata Sudirman pada acara pelepasan pemagang di salah satu hotel di Jambi, Senin (10/8/20). (ref)
Diberdayakan oleh Blogger.