Tips Sederhana Menghilangkan Aroma Prengus pada Daging Kambing


Jakarta - Membuat hidangan terbuat dari daging kambing tentunya sangatlah menarik. Daging kambing bisa menjadi banyak jenis masakan mulai dari gulai, sate, tongseng hingga tumis daging kambing yang lezat.

Tetapi, akan menjadi tantangan bagi sebagian besar orang saat memasak daging kambing. Tidak sedikit Sahabat Fimela yang enggan mengolah daging kambing karena tidak tahan dengan baunya. Berikut ini adalah cara mudah untuk menghilangkan bau tidak sedap dari daging kambing.

Gunakan Jus Jeruk Nipis

Lemon atau jeruk nipis terkenal karena kasiatnya menghilangkan bau amis atau prengus dalam bahan makanan, termasuk daging dan unggas. Karena itu, sebelum mengolah daging kambing, kita juga harus menggunakan lemon atau jeruk nipis untuk menghilangkan baunya.

Gunakan Mentimun

Ada alternatif lain unuk menghilangkan bau khas daging kambing. Cobalah untuk menggunakan irisan mentimun. Potong mentimun menjadi beberapa bagian dan masukkan ke dalam potongan daging kambing. Aduk bersama daging selama 10-15 menit atau hingga aroma mentimun dominan.
Gunakan Kunyit dan Jahe

Selain jeruk nipis dan mentimun, kita bisa menggunakan potongan jahe dan kunyit. Perlu dicatat, jumlah kunyit yang digunakan tidak terlalu banyak, jika ingin lebih banyak menggunakan jahe. Proses ini dilakukan saat pertama kali merebus daging kambing. Jadi rebus daging kambing dengan potongan jahe dan kunyit.

Gunakan Lobak atau Kacang Hijau

Mungkin ini jarang dilakukan bahkan masih asing untuk mendengarnya. Tetapi lobak dan kacang hijau juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau daging saat dimasak. Sahabat Fimela bisa menambahkan irisan lobak atau segenggam kacang hijau dalam proses merenus daging.

Menggunakan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji juga bisa kita gunakan dalam proses merebus daging untuk menghilangkan baud aging kambing yang prengus. Caranya mudah, hanya dengan menambahkan beberapa daun jambu biji saat pertama kali merebus daging kambing.

Gunakan Arang

Alternatif lain menggunakan arang adalah saat merebus daging terlebih dahulu. Caranya, cukup memotong potongan kecil dari arang lalu cuci dan campurkan ke dalam rebusan daging kambing.
Nah, berikut tadi beberapa cara untuk menghilangkan bau tidak sedap atau prengus dari daging kambing. Selamt mencoba Sahabat Fimela!

sumber : fimela.com
Diberdayakan oleh Blogger.