PUPR Gelar Rapat Readiness Criteria Proyek KPBU Bendungan Merangin

Saat rapat penyiapan readiness criteria Proyek KPBU Bendungan Merangin. foto jambiterbit.com

JAMBITERBIT.COM, JAMBI - Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI menggelar Rapat Penyiapan Readiness Criteria Proyek KBPU Bendungan Merangin di Swiss Belhotel, Kota Jambi, Rabu (19/02/20).

Acara tersebut dihadiri Kapala Bappeda Provinsi Jambi, Doni Iskandar yang diwakilkan kepada stafnya, Kepala Bappeda Kabupaten Merangin, Agus Zainuddin, Kepala BWSS VI Provinsi Jambu Nur Fajri dan Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi, Muhammad Fauzi.

Kemudian Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Sumberdaya Air, Arvi Argyanto serta Camat Renah Pembarap, Yose dan Kades Simpang Farit.

Rapat tersebut bertujuan untuk penyusunan larap dan amdal proyek pembangunan bendungan di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

Kepala Bappeda Kabupaten Merangin, Agus Zainuddin mengatakan bendungan tersebut nantinya menjadi salah satu tempat wisata di Kabupaten Merangin.

Kemudian air bendungan dapat juga untuk dimanfaatkan menjadi pengairan lahan pertanian di Kabupaten Merangin

"Jadi sepanjang itu baik, maka susksenya pembangunan Merangin akan kita dukung," ujar Agus Zainuddin.

Menurut Agus Zainuddin, bendungan tersebut berada di Desa Simpangparit, Kecamatan Renah Pemberap, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

Agus berharap setelah rapat ini rencana pembangunan bendungan Merangin tidak terdapat kendala lagi.

Sementara itu, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatra (BWSS) VI, Provinsi Jambi Nur Fajri menyebutkan Bendungan Merangin ini merupakan satu satunya bendungan pertama di Provinsi Jambi yang dibiayai oleh KPBU.

Rencana pembangunan bendungan ini menurut Nur Fajri mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi dan Pemerintah Kabupaten Merangin.

"Nantinya harus ada nama bendungan tersebut agar dapat dibuatkan RTRWKnya," tutur Nur Fajri.

Dikatakan, Bendungan Merangin ini namanya telah ditetapkan oleh Bupati Al Haris yakni Bendungan Merangin. " Ini satu bukti keseriusan pak bupati terhadap pembangunan bendungan ini," pungkas Nur Fajri. (rizal ependi)




Diberdayakan oleh Blogger.