Bupati Galakan Budaya Penghijauan di Tanjabar

Bupati Tanjabar Safrial. foto ita
JAMBITERBIT.COM, TANJABAR - Salah satu bentuk upaya Bupati, Safrial dalam mewujudkan Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang hijau menuju Indonesia Sejuk, bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) gelar penanaman pohon mangrove di sekitaran jalan pelabuhan Roro Desa Tungkal I Kecamatan Tungkal Ilir. Rabu (29/01).

Menurut Bupati, kegiatan penanaman pohon ini merupakan salah satu bentuk upaya dalam mewujudkan Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang hijau menuju Indonesia Sejuk. Bupati berharap, kegiatan ini dapat memberikan contoh kepada masyarakat, serta memasyarakatkan budaya menanam pohon.

"Kita ketahui bersama hutan mangrove sesungguhnya tak hanya sekedar menjadi penjaga batas pantai dari abrasi air laut, mangrove juga mempunyai beberapa keterkaitan dan kontribusi dalam pemenuhan kebutuhan manusia, baik fungsinya dalam penyediaan bahan pangan, papan, kesehatan, dan untuk lingkungan" ujar Bupati.

"Semakin rimbun akar mangrove, semakin banyak juga biota laut yang hidup di situ, seperti udang, kepiting, ikan dan kerang. Setelah nanti berkembang biak dan besar, biota laut itu akan pergi kelaut. Maka dari itu supaya ekosistim biota laut ini tidak punah, disepanjang pantai ditanam mangrove", ujar Bupati.

Bupati juga berharap, kegiatan penanaman pohon ini dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan pada generasi yang akan datang.

"Kita boleh menanam pohon, kita boleh menanam mangrove, tapi yang paling penting adalah kita berharap apa yang kita tanam sekarang dapat membawa kebaikan untuk anak cucu kita di masa yang akan datang", pungkasnya. (jambiterbit/ita)
Diberdayakan oleh Blogger.