Dipastikan Stok dan Harga Bahan Pokok Menjelang Puasa dan Lebaran Stabil

 

Gubernur Jambi Al Haris. Foto Istimewa

JAMBI - Gubernur Jambi Al Haris memastikan ketersediaan kebutuhan bahan pokok mencukupi dan harga harga terjangkau menjelang puasa dan Hari Raya Idul Fitri 1445H Tahun 2024.

Demikian dikatakannya usai melakukan inspeksi mendadak (Sidak) bersama tim pengendalian insplasi daerah (TPID) dan tim Satgas pangan Provinsi Jambi di Pasar Angso Duo Kota Jambi, Jum’at (08/03/2024).

Menjelang puasa dan lebaran tahun ini, pemerintah Provinsi Jambi menjamin ketersediaan bahan kebutuhan pokok mencukupi dengan harga terjangkau, katanya.

Tidak lama lagi umat islam akan melaksanakan puasa Bulan Ramadhan, biasanya tren yang terjadi harga bahan pokok naik, untuk itu toko TPID Provinsi Jambi akan mengendalikan harga supaya masyarakat tidak keberatan dengan kenaikan harga tersebut.

Ada beberapa komoditi harganya naik diantaranya cabai, disebabkan sering terlambat masuk kepasar tetapi masih dalam ambang batas, tidak ada harga kebutuhan bahan pokok yang naik secara signifikan. Seluruhnya masih dalam keadaan relatif aman dan terjangkau oleh masyarakat, ujarnya.

Kenaikan harga ini salah satu momen menjelang lebaran, namun selama stok masih terjaga dan kenaikan masih normal, tidak menjadi masalah. Ada sedikit kenaikan harga pada daging segar, tapi stoknya masih terjaga. Pemerintah telah menyiapkan solusi untuk daging, yaitu menyediakan daging beku yang stoknya mencukupi dan harganya tergolong murah.

Hasil pantauan di Pasar Angso Duo, harga beras dipasaran untuk 5kg Rp75 ribu, 10 kg 143 ribu. Sedangkan di TPID beras medium 5kg  Rp57 ribu, beras premium 10kg 144 ribu yang 5kg 72 ribu.

Untuk harga bahan pokok lainnya, cabe rawit Rp 42 ribu, cabe merah Rp70 ribu cabe ijo Rp35 ribu, minyak 2 liter Rp29 ribu, 1 liter Rp16 ribu. Bawang merah Rp28 ribu, bawang putih Rp36 ribu, bawang bombay Rp128 ribu.

Telur sepiring 50 ribu 30 butir, daging ayam 1kg Rp38 ribu, daging sapi 1kg Rp130 ribu. Daging sapi beku Rp85 ribu, kentang 1kg Rp16 ribu, terong 1kg Rp13 ribu, katanya. (kominfo Provinsi Jambi)

 

Diberdayakan oleh Blogger.