Tindakan Korea Utara Eksekusi secara Terbuka 2 Siswa SMA yang Menonton Drakor Dikecam

Foto : Istimewa

TINDAKAN pemerintah Koera Utara yang mengeksekusi secara terbuka siswa SMA yang menonton dan mengedarkan drama Korea (drakor) dikecam keras netizen.

Warga terpaksa menyaksikan eksekusi ketiga siswa tersebut. Dua saksi mata baru-baru ini melaporkan kepada media global  tahun ini pemerintah Korea Utara mengeksekusi dua remaja karena menonton dan mengedarkan film dan drama Korea Selatan.

Menurut laporan, perkiraan usia para korban adalah 16 dan 17 tahun. Eksekusi dilakukan di sebuah lapangan terbang di kota Hyesan. Warga dikumpulkan di landasan pacu secara berkelompok di mana kedua siswa sekolah menengah itu dibawa keluar dan dijatuhi hukuman mati. Mereka langsung ditembak jatuh oleh regu tembak saat warga biasa menyaksikan dengan ngeri.

Seorang remaja ketiga juga dieksekusi karena membunuh ibu tirinya, yang merupakan kejahatan yang oleh pemerintah Korea Utara disamakan dengan menonton pertunjukan Korea Selatan, seperti yang diklaim para saksi.

Mereka berkata, “Mereka yang menonton atau mendistribusikan film dan drama Korea Selatan, dan mereka yang mengganggu ketertiban sosial dengan membunuh orang lain, tidak akan diampuni dan akan dihukum hukuman mati maksimum.”

Seorang penduduk kota Hyesan yang berbagi cerita dengan media. Meskipun jenis eksekusi ini jarang terjadi di negara ini, namun tidak sepenuhnya usang. Mereka terkenal digunakan pemerintah untuk menakut-nakuti warga agar tunduk patuh.

Para siswa dijatuhi hukuman mati hampir seminggu setelah pihak berwenang mengadakan pertemuan publik untuk mengumumkan bahwa pemerintah akan memulai tindakan keras terhadap kejahatan yang melibatkan media asing, khususnya media Korea Selatan.

Netizen Korea Selatan terkejut dan muak dengan berita tersebut, mencatat bagaimana impian kedua negara untuk bersatu kembali sekarang tidak realistis jika ada begitu banyak kebencian terhadap budaya Selatan di Utara.

Berikut komentar kecaman netizen Korea Selatan :

  • Dan aku bertaruh kau Jong Un sendiri mendengarkan penyanyi Korea dan menonton drama Korea… betapa egoisnya kau sebagai seorang diktator~.
  • Menyedihkan bahwa kita adalah satu-satunya negara yang terpecah belah di dunia. Tetapi negara ini sangat memusuhi budaya negara kita, penyatuan kembali tidak mungkin.
  • Drama yang kita tonton sambil berbaring dengan nyaman di lantai kamar tidur kita adalah tindakan yang harus dilakukan warga Korea Utara dengan mempertaruhkan nyawa mereka…
  • Seorang siswa sekolah menengah, masih sangat mudaIni sangat gila… tidak heran orang-orang membelot. ***

Editor: Yuli Terbit

Sumber: Koreaboo

Disadur dari : harianterbit.com

Diberdayakan oleh Blogger.