Tekanan Ekonomi Mendalam Bikin China Longgarkan Aturan Covid-19

Foto : Istimewa

PELONGGARAN mendadak Pemerintah Beijing atas kontrol nol-Covid telah disambut baik oleh para ekonom, bahkan ketika negara itu bersiap-siap menghadapi dampak manusiawi dari membiarkan penyakit itu menyebar melalui populasi yang rentan.

Perubahan mendadak kepemimpinan tentang bagaimana menangani pandemi tampaknya telah dipicu oleh protes terhadap kontrol yang dimulai bulan lalu, sebuah pertunjukan ketidakpuasan nasional pada skala yang belum pernah dilihat China dalam beberapa dekade.

Tetapi keresahan itu muncul setelah meningkatnya kekhawatiran tentang dampak isolasi dan penguncian keras secara teratur terhadap ekonomi negara itu.

China telah menjadi mesin pertumbuhan regional sejak abad lalu. Namun tahun ini diperkirakan akan tertinggal dari negara-negara tetangganya untuk pertama kalinya sejak tahun 1990, dengan implikasi bencana bagi rakyatnya.

Hampir satu dari lima orang muda di kota-kota menganggur. Usaha kecil dan menengah sangat terpukul oleh ketidakpastian, dan dampak dari penutupan seluruh kota yang tidak dapat diprediksi dan sering kali berlangsung lama.

Tetapi hampir tidak ada yang dikecualikan. Pendiri Foxconn, pemasok utama Apple, telah memperingatkan Beijing bahwa kontrol tersebut mengancam posisi Tiongkok dalam rantai pasokan global, Wall Street Journal melaporkan.

Surat pribadi itu dikirim bulan lalu, ketika para pekerja yang tidak puas melakukan protes di pabrik-pabrik perusahaan, dan merupakan amunisi bagi para pejabat kesehatan dan penasihat yang ingin membuka negara itu kepada dunia lagi.

Negara-negara lain yang telah menerapkan kebijakan nol-Covid pada awal pandemi, dari Australia hingga Korea Selatan, telah dengan hati-hati membuka diri lagi sejak vaksin dan perawatan anti-virus menjadi lebih banyak tersedia.

Direktur pelaksana IMF, Kristalina Georgieva, menyambut baik langkah "tegas" oleh otoritas China dalam "mengkalibrasi ulang kebijakan Covid", dan mengatakan bahwa hal itu dapat meningkatkan ekonomi internasional regional.

"Ini bisa sangat baik untuk rakyat dan ekonomi China, dan juga baik untuk Asia dan ekonomi dunia," katanya setelah pertemuan puncak di kota Huangshan timur China. Perdana Menteri Li Keqiang, yang menjadi tuan rumah diskusi, secara mencolok telah meninggalkan topeng dan jarak sosial.

Disambut Gembira

Di media sosial, video informasi publik menunjukkan pria dan wanita yang tersenyum melepas penutup wajah yang telah diwajibkan selama bertahun-tahun.

Itu adalah pembalikan yang mengguncang dari pesan selama bertahun-tahun bahwa satu-satunya cara untuk tetap aman adalah dengan menghindari Covid, melalui tindakan penguncian ekstrim jika perlu. Selama bertahun-tahun, sistem kontrol yang semakin ketat menahan strain penyakit yang semakin menular. Pakar medis mengatakan bahwa itu adalah jendela peluang yang terbuang percuma untuk melindungi populasi dan mempersiapkan sistem perawatan kesehatan untuk gelombang pasien yang sakit.

Georgieva juga menyerukan lebih banyak vaksinasi dan perluasan cepat pilihan untuk perawatan medis, untuk mempersiapkan gelombang infeksi yang pasti akan mengikuti pembukaan.

"Ini [mengakhiri zero-Covid] dapat menciptakan dorongan yang lebih baik untuk menghidupkan kembali pertumbuhan di Tiongkok, terutama jika dikombinasikan dengan vaksinasi yang lebih luas, penyediaan pengobatan anti-virus, dan peningkatan kapasitas perawatan kesehatan."

Tantangan besar yang dihadapi kepemimpinan sekarang adalah apakah dapat membatasi jumlah kasus dan kematian. Tiongkok adalah negara yang menua, dengan tingkat vaksinasi dan booster tertinggal jauh di belakang apa yang dibutuhkan untuk membatasi penyakit parah.

Hanya 40% orang berusia di atas 80 tahun, yang sangat rentan, yang telah menerima suntikan penguat mereka. Dan hampir semuanya akan mendapatkan vaksin yang dikembangkan di dalam negeri, yang kurang efektif dan tahan lama dibandingkan alternatif Barat.

China telah mencari teknologi untuk memproduksi vaksin mRNA, tetapi telah menolak untuk membeli atau mengimpornya. Hal ini menambah risiko dari gelombang kasus yang menyebar cepat, hampir tidak ada kekebalan alami, karena kebanyakan orang tidak pernah terpapar Covid.

Antara 1,3 dan 2,1 juta nyawa bisa berisiko, sebuah studi yang ditemukan oleh perusahaan analitik kesehatan Airfinity. Ini mendasarkan model pada dampak wabah awal tahun ini di Hong Kong, yang juga memiliki populasi lansia dan pengambilan vaksinasi yang rendah.

Membiarkan penyakit ini menyebar pada awal musim dingin di belahan bumi utara, ketika penyakit pernapasan lainnya beredar dan orang-orang berdesak-desakan di dalam ruangan, menambah risiko.

Faktor-faktor itu bisa berarti jalan bergelombang di depan bagi Tiongkok. Jika layanan kesehatan kewalahan, mungkin harus menggunakan "rollercoaster" penguncian sementara yang dialami sebagian besar negara barat sampai mereka meningkatkan tingkat vaksinasi.

Editor: Arbi Terbit

sumber : harianterbit.com

Diberdayakan oleh Blogger.