Taraneh Alidoosti, Artis Iran Peraih Oscar Ditangkap Menyusul Tuduhan Dukung Gerakan Anti Pemerintah

Foto : Istimewa

TARANEH Alidoosti, salah satu aktor paling terkenal di Iran, telah ditahan oleh pasukan keamanan di Teheran beberapa hari setelah dia mengkritik penggunaan hukuman mati oleh negara terhadap para pengunjuk rasa.

Dia sebelumnya memposting foto dirinya di halaman Instagram-nya di mana dia tidak mengenakan hijab dan memegang selembar kertas bertuliskan "wanita, kehidupan, kebebasan" - slogan yang telah merangkum perjuangan melawan rezim Iran saat ini.

Melansir The Guardian, Minggu (18/12), Alidoosti dianggap sebagai salah satu aktor Iran yang paling berpengaruh di generasinya, dan penangkapannya merupakan tanda bahwa negara ingin menindak tegas para selebriti, seniman, dan tokoh olahraga yang telah menggunakan platform mereka untuk menantang rezim.

Tidak diketahui departemen mana dari dinas keamanan Iran yang membawanya dari rumahnya, tetapi kantor kejaksaan Teheran menuduh Alidoosti telah gagal memberikan dokumentasi untuk membenarkan pernyataan provokatifnya. Berita penangkapannya disampaikan oleh Samia Mirshamsi, seorang sutradara film.

Mirshamsi mengatakan rumah Alidoosti telah digeledah dan tidak diketahui di mana dia berada. Belakangan, kantor berita yudisial Mizan mengkonfirmasi penangkapan Alidoosti, dan mengatakan kasusnya sedang diselidiki lebih lanjut.

Alidoosti telah memenangkan banyak penghargaan dalam karirnya, terutama ketika The Salesman, yang dibintanginya, memenangkan Oscar untuk film asing terbaik pada tahun 2016.

Kantor berita Tasnim, yang dekat dengan Garda Revolusi Islam, mengatakan bahwa Alidoosti telah ditangkap karena keputusannya untuk mempublikasikan konten palsu dan terdistorsi yang memicu kerusuhan dan mendukung gerakan anti-Iran.

Foto Alidoosti tanpa hijab telah disukai lebih dari 1 juta kali. Tampaknya akun Instagram-nya, yang memiliki lebih dari 8 juta pengikut, telah ditutup. Dalam unggahan Instagram terakhirnya, aktor itu berkata: "Namanya Mohsen Shekari. Setiap organisasi internasional yang menyaksikan pertumpahan darah ini dan tidak mengambil tindakan, adalah aib bagi kemanusiaan."

Shekari dieksekusi pada tanggal 8 Desember setelah didakwa oleh pengadilan Iran karena memblokir jalan di Teheran dan melukai seorang anggota pasukan keamanan negara itu dengan parang.

Ayah Alidoosti, Hamid Alidoosti, bermain sepak bola untuk tim nasional Iran dan merupakan orang Iran pertama yang bermain untuk tim asing.

Fasih berbahasa Jerman dan Inggris, Alidoosti juga menerjemahkan buku-buku karya Alice Munro dan Nicole Krauss dari bahasa Inggris ke bahasa Persia.

Dia telah bersumpah untuk tidak meninggalkan Iran, menulis: "Saya tidak memiliki paspor atau tempat tinggal di mana pun kecuali Iran. Saya akan tinggal dan menatap mata Anda langsung seperti orang-orang normal ini ketika saya berteriak untuk hak-hak saya.

"Saya mewarisi keberanian ini dari para wanita di tanah saya, yang selama bertahun-tahun telah menjalani hidup mereka, setiap hari dengan perlawanan ... Saya akan tetap tinggal, saya tidak akan berhenti, saya akan berdiri bersama keluarga para tahanan dan dibunuh dan menuntut hak-hak mereka. Saya akan memperjuangkan rumah saya, saya akan membayar apa pun yang diperlukan untuk membela hak-hak saya, dan yang paling penting: Saya percaya pada apa yang kita bangun bersama hari ini."

Dalam fase terbaru penumpasan, Iran tampaknya menargetkan selebriti dan jurnalis yang mereka yakini menanamkan nilai-nilai barat ke dalam generasi muda.

Seorang fotografer pers dan mantan anggota tim dayung nasional Iran dijatuhi hukuman tujuh tahun penjara, larangan meninggalkan negara itu selama dua tahun, dan 74 kali cambukan karena dituduh berpartisipasi dalam aksi unjuk rasa dan propaganda melawan rezim.

Aria Jafari adalah anggota asosiasi perdagangan fotografer pers Iran dan, pada bulan November 2014, ditangkap karena memotret aksi protes rakyat Isfahan terhadap serangan asam dan ketidakamanan sosial. Penangkapannya baru-baru ini terjadi di rumahnya di Isfahan.

Editor: Arbi Terbit

sumber : harianterbit.com

Diberdayakan oleh Blogger.