Cara Merebus Jengkol agar Tidak Bau dengan Bahan Sederhana

Jengkol. Foto : Fimela.com
JAKARTA - Suka dengan olahan jengkol tapi masih sering kesulitan menghilangkan baunya? Cara yang satu ini bisa dicoba. Ada cara merebus jengkol agar tidak bau yang bisa langsung dicoba karena sangat mudah.

Sebelum dibumbui atau diolah, jengkol bisa direbus dulu hingga empuk agar rasanya lebih enak. Berikut ini langkah-langkah merebus jengkol agar tidak bau.

1. Siapkan Lengkuas dan Daun Jambu Biji

Untuk 1 kg jengkol, bisa siapkan 5 ruas lengkuas dan 20 lembar daun jambu biji. Serta, siapkan air secukupnya. Sebelum direbus, jengkol bisa direndam dalam air semalaman lalu dicuci bersih.

2. Rebus Jengkol Selama 1 Jam

Rebus jengkol dengan air yang diberi lengkuas yang sudah digeprek dan daun jambu biji. Rebus selama sekitar satu jam hingga kulit jengkol mengelupas.

3. Rendam Kembali Semalaman

Jengkol rebus bisa dicuci, lalu direndam lagi semalaman. Kemudian ulangi proses perebusan dengan air baru hingga semua kulit jengkol terkelupas.

4. Jengkol Digeprek

Setelah jengkol selesai direbus, geprek dengan penggepuk daging. Jengkol yang sudah digeprek nantinya akan lebih mudah menyerap bumbu ketika dimasak atau diolah.

Bagaimana? Cukup mudah kan cara menghilangkan bau jengkol ini? Selamat mencoba dan semoga suka!

sumber : fimela.com

Diberdayakan oleh Blogger.