Dalam Waktu Dekat, Pemerintah Kemungkinan Akan Nyatakan Covid 19 Berakhir

Presiden Joko Widodo. Foto Sekretariat Kabinet RI

JAKARTA - Pemerintah kemungkinan akan nyatakan Covid 19 berakhir dalam waktu dekat. Hal ini cukup beralasan karena saat ini pandemi Covid 19 sudah mulai mereda. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan terdapat kemungkinan dalam waktu dekat pemerintah akan menyatakan pandemi COVID-19 berakhir.

“Pandemi memang sudah mulai mereda. Mungkin sebentar lagi juga akan kita nyatakan pandemi sudah berakhir,” kata Presiden Jokowi dalam Peluncuran Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas di Jakarta, Senin.

Meski demikian, kata Presiden, tekanan terhadap negara-negara di dunia termasuk Indonesia tidak serta merta berakhir. Hal itu karena situasi ekonomi di dunia tidak berada dalam kondisi baik. 

Sementara itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan dirinya mendapat perintah dari presiden untuk berkonsultasi dengan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengenai status pandemi COVID-19.Berkenaan dengan status pandemi, 

Menkes mengingatkan bahwa hal tersebut tetap ada di tangan WHO yang berwenang untuk menyatakan kapan bisa dicabut secara resmi."Khusus mengenai pandemi karena ini sifatnya dunia, nanti WHO yang akan memberikan timing-nya kapan," katanya.

"Pandemi itu di WHO ada namanya public health emergency of international concern. Itu nanti biasanya kapan dicabut dia akan diresmikan," ujar Budi menambahkan.Di Indonesia, berdasarkan data terakhir Kementerian Kesehatan pada Minggu (2/10) terdapat pertambahan 1.322 kasus positif COVID-19 dan secara nasional kasus aktif 17.434. 

Pandemi COVID-19 di Indonesia terjadi sejak Maret 2020. Hingga Minggu (2/10), menurut data BNPB, jumlah kasus terkonfirmasi COVID-19 di Indonesia sebanyak 6,4 juta kasus, dengan 6,2 juta sembuh dan 158 ribu meninggal dunia. (***)

Penyunting : Rizal Ependi

Sumber : antara

Diberdayakan oleh Blogger.