UKW SPS Riau Bekerjasama Dengan PWI Segera Digelar

Ketua Serikat Perusahaan Pers (SPS) Riau, Khairul Amri
PEKANBARU - Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang telah dipersiapkan Serikat Perusahaan Pers (SPS) Riau dengan lembaga uji PWI akan segera digelar.
Hal itu diungkapkan Ketua Panitia Pelaksana dari SPS Riau Asmawi Ibrahim. Kamis (15/9/2022).

Para wartawan yang akan mengikuti UKW telah mendaftar sebanyak 30 orang kepada panitia penyelenggara. 

Pengujian kompetensi wartawan itu terdiri dari beberapa kelas ujian, yakni terdiri dari 4 (empat) kelas Muda, dan 1 kelas Madya.

Ketua Panitia Pelaksana Asmawi Ibrahim menghimbau kepada seluruh wartawan yang telah mendaftar agar mempersiapkan diri, baik waktu dan segala keperluan untuk mengikuti UKW tersebut.

" UKW SPS Riau dengan lembaga uji PWI akan segera kita laksanakan, waktunya selama 3 hari, dimulai dari tanggal 19 sampai 21 September ", ungkap Asmawi.

Pelaksanan UKW tersebut sebelumnya akan diawali dengan PraUKW selama sehari di Gedung PWI Riau Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru. Kemudian disambung dengan pelaksanaan ujian kompetensi hingga kegiatan UKW selesai.

Ketua SPS Riau, Khairul Amri mengatakan bahwa untuk wartawan yang menjadi peserta UKW nantinya sebagian besar adalah pengurus dan anggota SPS.

"Tapi ada juga beberapa peserta dari media di luar pengurus SPS tapi masih anggota PWI. Ini semua biayanya ditanggung oleh SPS dan dibantu oleh Pemerintah Provinsi Riau, jadi peserta tidak perlu keluarkan uang, semua gratis," kata Khairul, Selasa (13/9/2022).

Khairul menjelaskan bahwa dengan produk berita yang bagus tentu medianya akan dibaca oleh masyarakat dan semakin baik citranya, sehingga otomatis medianya pun menjadi sehat.

"Bagi SPS wartawan itu adalah pangkalnya media, jadi kalau wartawan tidak kompeten, tidak bagus, medianya juga tidak kompeten dan tidak bagus," paparnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana dari PWI Riau, Amril Jambak, mengatakan bahwa PWI Provinsi Riau hanya bertindak sebagai lembaga penguji sekaligus pelaksana teknis kegiatan.

"Lalu untuk pengujinya nanti ada dari Batam 2 orang dan dari Pekanbaru 3 orang. Nama-namanya nanti akan kami umumkan saat hari H saja," tutup Amril.

Disadur dari : riauterbit.com
Diberdayakan oleh Blogger.