Pemakaman Kenegaraan Ratu Elizabeth II: Mata Dunia Tertuju ke Westminster Abbey

DUNIA - Pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II pada Senin, 19 September 2022 waktu setempat menarik perhatian. Mata dunia tertuju ke Westminster Abbey, London, Inggris.

Jenazah Ratu Elizabeth dibawa dari Istana Westminster dalam prosesi militer besar ke gereja berusia 750 tahun, di mana dia dimahkotai pada 1953 dan menikahi Pangeran Philip yang dicintainya pada 1947.

Seperti dilansir dari Metro.co.uk, Pangeran George dan Putri Charlotte bergabung dengan Keluarga Kerajaan dengan berjalan khidmat di belakang peti jenazah kayu ek berlapis timah melewati biara.

Kate memegang tangan putrinya dan memberinya sentuhan menenangkan di bahunya sebelum satu tol dari Big Ben menandakan dimulainya kebaktian.

Keenam mantan perdana menteri, John Major, Tony Blair, Gordon Brown, Theresa May, David Cameron dan Boris Johnso, termasuk di antara jemaat, bersama dengan PM Liz Truss yang baru terpilih dan kabinetnya.

Truss membacakan sebuah ayat dari Alkitab di depan para bangsawan, pejabat tinggi dan pemimpin dunia semua berdiri untuk menyanyikan The Lord's My Shepherd,  -sebuah himne ikonik yang dinyanyikan pada pernikahan Ratu dan pemakaman ayahnya Raja George VI.

Hari bersejarah itu akhir dari masa berkabung nasional, dan klimaks dari operasi keamanan terbesar yang pernah disaksikan Inggris, melampaui Platinum Jubilee dan Olimpiade London 2012.

Setelah kebaktian, keluarga l akan berjalan di belakang peti jenazah Ratu Elizabeth II seperti yang dibawa pihak pembawa militer ke Wellington Arch.

Raja Charles dan Permaisuri akan berjalan tepat di belakang peti jenazah, diikuti Putri Anne dan Wakil Laksamana Tim Laurence, Pangeran Andrew, Pangeran Edward dan Countess of Wessex, serta Pangeran dan Putri Wales.

George dan Charlotte akan berjalan berdampingan dengan orang tua mereka dalam formasi, diikuti Pangeran Harry, Meghan Markle dan anggota keluarga kerajaan lainnya.

Mobil jenazah kemudian akan melakukan perjalanan ke Kapel St George di Kastil Windsor melalui Long Walk, setelah itu layanan komitmen yang disiarkan televisi akan berlangsung di Kapel St George pada pukul 4 sore.

Pimpinan Gereja Windsor akan memimpin kebaktian, dengan doa yang diucapkan oleh Rektor Sandringham, Menteri Crathie Kirk dan Pendeta Windsor Great Park.

Paduan suara kapel akan bernyanyi dan setelah himne kedua dari belakang, mahkota negara kekaisaran, bola dan tongkat kerajaan akan dipindahkan dari peti mati Ratu ke altar.

Setelah himne terakhir, King akan menempatkan Queen's Company Camp Color of the Grenadier Guards di peti mati, sementara Lord Chamberlain mematahkan Tongkat Kantornya dan meletakkannya di peti mati.

Pimpinan Gereja Windsor akan mengucapkan mazmur dan Pujian sementara peti mati Ratu diturunkan ke dalam brankas kerajaan.

Setelah ini, Sovereign's Piper akan memainkan ratapan dan Uskup Agung Canterbury Justin Welby akan mengucapkan berkat, sebelum jemaat menyanyikan lagu kebangsaan.(Woro Yudhi Anggraini )

Editor: Yuli Terbit

sumber : harianterbit.com

Diberdayakan oleh Blogger.