Ferdy Sambo ke Brigadir J: Kamu Tega Sekali Sama Saya


Foto Istimewa

JAKARTA -  Detik-detik pembunuhan Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat digambarkan dalam sebuah animasi berdurasi dua menit yang diunggah akun Polri TV Radio di YouTube milik Divisi Humas Polri.

Animasi dibuat berdasarkan rekonstruksi pembunuhan Brigadir J yang digelar 7,5 jam di rumah pribadi dan rumah dinas Ferdi Sambo Plaza, 30 Agustus 2022.

Dalam animasi yang diunggah pada Selasa, 30 Agustus tersebut terlihat jelas waktu dan detail kejadian sebelum dan sesudah penembakan terjadi.
 
Adegan pertama pukul 17:06:54 terlihat istri Ferdy SamboPutri Candrawathi, bersama Bharada E alias Richard Eliezer, Bripka Ricky Rizal, Brigadir J, dan Kuat Ma'ruf dalam satu mobil menuju rumah dinas Komplek Polri Duren Tiga. 
 
Semenit kemudian pukul 17:07 rombongan tiba. Putri Candrawathi langsung menuju kamar diantar Kuat Ma'ruf. Kuat lalu ke lantai dua menutup pintu balkon. Bharada E menuju kamar ADC di lantai dua. 
 
Sedangkan Brigadir J menuju taman rumah. Pukul 17:10:50 Brigadir J terlihat sedang menelepon. Bripka Ricky berada di garasi rumah.
 
Pukul 17:09:27 Ferdy Sambo tiba di rumah bersama Brigadir Romer dengan Yogi sebagai sopir. Saat turun dari mobil Ferdy Sambo menjatuhkan senjata api.
 
Eomer sempat berlari untuk mengambilkan senjata api, namun Ferdy Sambo melarang dan mengambil sendiri.
 
Ferdy Sambo masuk ke dalam rumah dengan mengenakan sarung tangan hitam. Dia memanggil Bharada E dan Kuat. Lalu Ferdy Sambo memerintahkan Kuat memanggil Brigadir J masuk ke dalam rumah.
  
Pukul 17:12 empat tersangka berada di satu ruangan dekat meja makan. Ferdy Sambo sempat memarahi Brigadir J.
 
"Kamu tega sekali sama saya. Kamu kurang ajar sekali sama saya," kata Ferdy Sambo
 
Ferdy Sambo lalu memerintahkan Bharada E menembak Brigadir J sambil berteriak.
 
"Woy kamu tembak. Kau tembak cepat. Cepat woy kau tembak," perintah Ferdy Sambo.
 
Bharada E menembak Brigadi J sebanyak tiga atau empat kali. Tembakan mengenai dada sebelah kanan dan bagian rahang kiri yang lebih dulu menyerempet tangan. Brigadir J jatuh terlungkup di dekat tangga.
 
Ferdy Sambo lalu menembak Brigadir J ke arah kepala bagian belakang. Waktu tercatat Pukul 17:12. Eks Kadiv Propam Polri itu lalu menembak dinding tangga dan arah atas plafon. 
 
Setelah itu Ferdy Sambo mendatangi istrinya di dalam kamar. Putri pulang ke rumah pribadi di Jalan Saguling, Duren Tiga diantar Bripka Ricky.
 
Animasi yang diunggah tersebut lebih sesuai dengan keterangan Bharada E dalam rekonstruksi yang digelar 30 Agustus 2022.  ***

Diberdayakan oleh Blogger.