Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas agar Lebih Awet dan Terjaga Kesegarannya

foto : istimewa

JAKARTA - Menyimpan bahan makanan di kulkas memang dinilai lebih praktis karena nggak perlu belanja setiap hari. Hal ini sering dilakukan sebagian orang, terutama mereka yang memiliki kesibukan padat di luar rumah. 

Namun, ternyata menyimpan sayuran di kulkas nggak boleh sembarangan. Bahan makanan yang satu ini memiliki kandungan air yang tinggi sehingga berpotensi cepat membusuk.

Jika ingin sayuran yang disimpan bisa lebih tahan lama dan kesegarannya terjaga, yuk perhatikan beberapa hal berikut ini, Sahabat Fimela!

Sortir dan Cuci Bersih Sayuran Sebelum Disimpan

Hal pertama yang bisa dilakukan sebelum menyimpan sayuran adalah melakukan sortir kondisinya terlebih dahulu. Membeli sayuran dalam jumlah banyak jelas nggak semua bagian yang didapatkan berada dalam kondisi prima. Ada yang tangkainya sudah menguning hingga bagian yang hampir busuk.

Pisahkan hal tersebut agar tidak menjalar ke bagian lainnya. Setelah itu, cuci sayuran hingga benar-benar bersih. Tunggu hingga kering sebelum memasukkan sayuran ke dalam kulkas untuk menjaganya agar tidak cepat membusuk.

Hindari Menyimpan Sayuran di Wadah Kedap Udara

Menggunakan wadah kedap udara memang disarankan untuk menyimpan bahan makanan di dalam kulkas. Tapi, ternyata hal tersebut nggak berlaku saat menyimpan sayuran. Bahan tersebut tetap memerlukan sirkulasi oksigen untuk menjaga kondisinya tetap segar. Jika ingin sayuran tetap awet dan segar saat disimpan, gunakan kertas untuk membungkus atau plastik berlubang sebagai wadahnya.

Penggunaan kertas bisa mencegah suhu kulkas menyerap ke dalam sayuran yang menjaga kondisinya tetap prima. Sementara itu, plastik berlubang membantu aliran oksigen agar bisa diserap oleh sayuran. Selain itu, disarankan untuk menyimpan sayuran dalam keadaan utuh, jangan dipotong-potong karena membuatnya mudah kering dan membusuk.

Pisahkan Sayuran dan Buah-Buahan

Masih sering menyimpan sayur dan buah di rak yang sama di dalam kulkas? Eits, ternyata ini adalah cara penyimpanan yang salah lho. Sebaiknya kedua bahan tersebut disimpan secara terpisah agar sayuran nggak cepat membusuk.

Buah dapat menghasilkan zat etilen, senyawa yang dapat mempercepat kematangan bahan makanan segar. Menyimpan sayuran di tempat yang sama dengan buah dapat membuatnya terpapar zat tersebut sehingga proses pembusukan lebih cepat terjadi.

Lakukan Penataan yang Tepat

Menyimpan sayuran di dalam kulkas juga perlu memperhatikan penataan yang tepat. Perhatikan rak penyimpanan di kulkas dan susun sayuran sesuai dengan jenisnya. Khusus sayuran berdaun hijau bisa diletakkan di rak paling bawah karena suhunya cenderung stabil sehingga bisa menjaga sayuran yang mudah busuk agar tetap segar.

Sementara itu, wortel, kol, buncis, dan sayuran lain yang memiliki kadar air rendah bisa diletakkan di rak tengah. Rak teratas bisa digunakan untuk sayuran dengan kadar air tinggi seperti mentimun, cabai, terong, dan paprika. Dengan penataan yang tepat, kamu jadi lebih mudah juga dalam melakukan pengecekan.

Memperhatikan hal-hal detail terkait penyimpanan sayuran di kulkas bisa menjaga sayur tetap segar dan lebih awet. Sudahkah kamu melakukannya dengan benar, Sahabat Fimela?

sumber : fimela.com

Diberdayakan oleh Blogger.