Taliban Hapus Tanda-Tanda Bekas Pemerintahan Lama

Dalam enam bulan sejak mengambil kembali kendali atas Afghanistan, Taliban telah menghapus semua tanda yang terlihat dari bekas pemerintah lama di ibukota.

Hilang sudah bendera bekas republik, mural pahlawan nasional dan tugu peringatan untuk menghormati mereka yang tewas dalam serangan Taliban.

Dinding ledakan sekarang ditutupi dengan slogan-slogan Imarah Islam yang baru. “Dengan bantuan Allah, bangsa kita mengalahkan Amerika,” bunyi salah satu slogan.

Pemilik banyak salon kecantikan di Kabul tengah telah menghapus poster wanita dengan riasan lengkap dan gaya rambut modis yang sebelumnya terpajang di pintu mereka.

Ikonografi komandan anti-Taliban Ahmad Shah Massoud yang terbunuh dalam topi Pakol khasnya yang menghiasi hampir setiap lingkungan kota telah ditutup-tutupi.

Lebih sedikit perempuan dan anak perempuan terlihat bergerak di antara pasar dan kafe, banyak yang terlalu takut untuk meninggalkan rumah setelah pengambilalihan, atau tanpa uang untuk dibelanjakan setelah kehilangan pekerjaan.

Semua kendaraan menghilang setelah gelap, saat pos pemeriksaan tambahan Taliban bermunculan.

Dan di puncak bukit yang menghadap Kabul, bendera hitam, hijau dan merah dari rezim sebelumnya telah diturunkan. Tiang bendera sekarang berdiri telanjang di tengah taman bersalju.

sumber : harianterbit.com

Diberdayakan oleh Blogger.