Kabupaten Merangin Memiliki Potensi Lahan Cukup Luas untuk Budidaya Porang

Gubernur Jambi Al Haris. foto Diskominfo Provinsi Jambi 

MERANGIN - Gubernur Jambi Al Haris menilai Kabupaten Merangin sangat berpotensi untuk membudidayakan tanaman porang. Karena di Kabupaten Merangin terdapat lahan pertanian yang cukup luas.

Hal ini dikatakan Al Haris saat melakukan penanaman perdana benih porang di Desa Langling, Kecamatan Banko, Kabupaten Merangin, Jambi, Jumat (14/01/22).

Menurut Al Haris, tanaman porang ini merupakan salah satu produk pertanian Indonesia yang telah mulai bomming, hingga ke luar negeri. Tanaman jenis umbi-umbian ini tergolong mudah dalam perawatannya. 

"Ini merupakan peluang bagi masyarakat Kabupaten Merangin, untuk mengembangkan tanaman ini," ujar Al Haris.    

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi akan mendorong tanaman porang menjadi salah satu komoditi unggulan di Provinsi Jambi. Pemerintah juga akan mempersiapkan pangsa pasar, sehingga nantinya harga jual bernilai tinggi. 

"Jadi dalam hal ini jangan takut menanam porang, karena kedepannya tanaman ini sangat menjanjikan," sebutnya. 

Sebagai wujud keseriusan Pemprov Jambi mendukung petani porang, Al Haris akan berkoordinasi dengan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Provinsi Jambi untuk membantu petani, mulai dari menanam hingga memasarkan porang. 

Dikatakan Al Haris, tanaman porang ini sudah menjadi konsumsi dunia dan masuk ke dalam program Presiden Joko Widodo. Porang ini memiliki beberapa manfaat antara lain, untuk menunjang terwujudnya ketahanan pangan dan meningkatkan perekonomian masyarakat. 

Al Haris berpesan kepada para petani untuk terus semangat dalam upaya pengembangan porang. Dalam hal ini tidak hanya untuk sesaat, namun niat dan tekad harus kuat sehingga dapat terus berkelanjutan. (Rizal Ependi) 

Sumber : Diskominfo Provinsi Jambi  

Diberdayakan oleh Blogger.