Gempa Dangkal Guncang Afghanistan, 26 Orang Tewas Tertimpa Atap

foto: eramuslim.com

AFGHANISTAN - Gempa berkekuatan magnitudo (M) 5,3 yang mengguncang Afghanistan Barat, pada Senin 7 Januari 2022 yang lalu, menelan puluhan korban jiwa.

Dilaporkan Al Jazeera, Juru Bicara (Jubir) Provinsi Baz, Mohammad Sarwary menyebutkan, akibat gempa dangkal tersebut menyebabkan 26 orang tewas tertimpa atap rumah yang runtuh akibat goncangan. 

Dari jumlah korban tewas terdapat 5 wanita dan 4 anak-anak yang harus merenggang nyawa pada musibah gempa di Distrik Qadis Provinsi Badghis, sebelah barat Afghanistan. 

Berdasarkan tulisan harianterbit.com yang dilangsir Selasa (08/01/22) menyebutkan, selain korban tewas terdapat juga korban luka-luka. Dua jam setelah gempa, daerah itu diguncang gempa susulan berkekuatan M 4,9.

Kepala Pusat Operasi Darurat Kementrian Negara Urusan Darurat, Mullah Janan Saege membenarkan adanya korban tewas dan terdapat sedikitnya 700 rumah rusak. 

Sedangkan Seismologi Eropa -Meditrania, mencatat gempa berada pada kedalaman 30 km. 

Gempa tersebut juga merusak pemukiman penduduk di Distrik Muqr dalam Provinsi Baz. Namun soal data korban jiwa belum tercacat. (*/red)


Diberdayakan oleh Blogger.