Danrem 042/Gapu Hadiri Rakor Kesiapan PSU PILGUB Jambi

foto : ist

TANJABAR - Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M Zulkifli,S.I.P,M.M menghadiri Rakor kesiapan KPU dalam rangka PSU Pilgub Jambi bertempat di Kantor KPU, Selasa (18/5/2021).

Rakor tersebut dibuka langsung oleh Bapak M Subhan selaku ketua KPU dan dilanjutkan paparan kesiapan KPU sebagai penyelenggara dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur Jambi Tahun 2021.

Pendistribusian logistik ke TPS sudah 100%, untuk APD sesuai Prokes akan datang hari ini ke kabupaten dan kota, rekrutmen dan bimbingan petugas secara teknis sudah kami lakukan serta persyaratan bagi pemilih sudah lengkap diterima oleh pemilih, ujar M Subhan

Penjabat Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni menekankan semua pihak yang terlibat dalam PSU Pilgub Jambi harus mempersiapkan PSU dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kewenangan masing-masing yang berpedoman pada peraturan yang berlaku.

Persiapan yang harus dilakukan di antaranya penetapan tahapan pelaksanaan, penetapan daftar pemilih tetap (DPT) yang valid, pemenuhan logistik, khususnya surat suara. Kemudian penerimaan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang baru.

Pada kesempatan tersebut Danrem Gapu Brigjen TNI Zulkifli menyampaikan beberapa penekanan diantaranya agar KPU mengevaluasi pelaksanaan Pilgub 2020, temuan dan kesalahan yang terjadi agar tidak terjadi pada PSU mendatang.

17 PSU yang telah di gelar di Indonesia masih ada 8 PSU yang menggugat kembali, karena masih di temukan kebijakan dan toleransi yang merusak hasil, itu jangan sampai terjadi pada PSU di Jambi mendatang.

Tidak kalah pentingnya agar KPU menerapkan 3 (tiga) Protap yaitu Protap Pemilih, Protap Pelaksanaan Prokes Covid 19 serta Protap Penyelenggara, jika hal itu diterapkan maka PSU Pilgub Jambi akan berjalan sesuai rencana, tegas Jenderal bintang satu ini.

Danrem juga mengingatkan pada seluruh komponen yang terlibat dalam PSU agar melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang memiliki hak pilih untuk menggunakan hak pilihnya pada PSU Pilgub akan dilaksanakan di 88 TPS di 15 kecamatan dan 5 kabupaten pada tanggal 27 Mei 2021 mendatang serta tetap mematuhi Prokes agar tidak terjadi klaster baru pasca PSU, tegasnya.

Setelah Rakor dan paparan ketua KPU dilanjutkan dengan pelepasan armada Logistik yang akan di distribusikan ke TPS dan dikawal ketat oleh aparat,

Hadir dalam acara tersebut, selain Danrem 042/Gapu, Pj Gubernur Jambi, Ketua KPU Provinsi Jambi, juga Dirintel Polda Jambi dan unsur Forkopimda Provinsi dan Kota Jambi, Sekda Prov Jambi, serta Ka Divisi Penyelesaian sengketa Bawaslu Provinsi Jambi, Kegiatan berjalan lancar tertib dan aman dengan tetap melaksanakan Protokol kesehatan.(ita)

Diberdayakan oleh Blogger.