Bupati Ajak Awak Media di Tanjab Barat Bersinergi "Membangun" Bersama


TANJABAR  -  "Wartawan" (orang yang pekerjaannya mencari dan menyusun berita untuk dimuat dalam surat kabar, majalah, radio, dan televisi, atau saat ini media on line. Apabila memang ingin menjadi seorang "wartawan/jurnalis (juru warta) "  harus mampu melihat secara 'konprehensif' sehingga bisa menampilkan sebuah berita, wacana atau kejadian dengan utuh dan sempurna, tentunya tidak terlepas dari cek and balance.

Hal ini disampaikan Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs H Anwar Sadat, M. Ag ketika beraudensi dan bersilaturahmi dengan para wartawan di Tanjab Barat, di Rumah Dinas nya,  Selasa (04/05/21) malam. 

Acara Audiensi dan silaturahmi bersama  Bupati, dihadiri pula oleh Sekda,  Ir H Agus Sanusi,  Asisten ll,  Jetter Simamora, Kepala Dinas Kominfo,  H Taharudin, Staf Ahli dan beberapa pengurus dan anggota Aliansi Wartawan itu diselengarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Tanjabbar dengan tujuan meningkatkan silaturahmi dan perkenalan dengan Bupati.

Pada bincang bincang santai itu,  Bupati  juga pernah jadi jurnalis di Media Pikiran Rakyat Yogyakarta disaat jadi mahasiswa, sangat merasa terbantu dengan berita dan informasi yang diberitakan para wartawan di Kuala Tungkal ini.  Misalnya,  seperti musibah kebakaran,  pembanggunan infrastruktur yang belum terlaksana di desa desa dapat diketahui dari berita. "kalau saya tidak takut di'kritik', malah bersyukur karena ada yang mengingatkan, tapi istri saya (Ny Fadillah) masih belum biasa, jadi masih perlu  waktu untuk terbiasa", ujar Ustad sapaan akrab Bupati ini tersenyum. 

Jadi menurut pengalaman saya yang hampir  satu setengah tahun menjadi wartawan di Yogyakarta waktu itu,  "seorang wartawan harus mampu melihat secara konprehensif, sehingga bisa menampilkan sebuah berita, wacana atau kejadian dengan utuh dan sempurna. Maka dari itu,  dengan adaanya  kegiatan ini diharapkan dapat mempererat silaturahmi dan meningkatkan sinergitas antara Pemkab dan Jurnalis, sehingga  roda pemerintah dapat berjalan sesuai dengan misi dan visi Pemerintah, sehingga bisa balance, tidak sepihak saja,  tapi bersinergilah,  tandas Bupati. 

“Membangun Daerah ini bukan hanya tugas Pemerintahan saja,  tapi menjadi tugas kita bersama rekan-rekan wartawan.  Tugas saya sebagai Bupati  membangun sebuah persepsi kebersamaan tentang apa yang dilakukan Pemkab dan kebijakan-kebijakan nantiny. Dan tugas wartawan dapat mem publikasikan kepada masyarakat dengan pemberitaan yang utuh dan sempurna. Pemerintah itu akan lebih hebat, lebih kuat ketika di dukung oleh Media, karena wartawan (Pers)  merupakan salah satu pilar ke-empat Demokrasi, ujar Bupati. 

Untuk meningkatkan sinergitas antara Pemkab dan Jurnalis, kedepan  Pemkab mempunyai wacana audiensi satu bulan sekali bersama rekan-rekan wartawan, sehingga adanya kritik dan saran serta informasi soal pembangunan, kebijakan-kebijakan, pemberitaan, nantinya akan dibicarakan bersama,  agar roda Pemerintahan dapat berjalan dengan baik.

Sebab peran media cukup signifikan, baik memberikan masukan yang sangat cepat,   dan saat ini sudah menjadi tuntutan untuk melakukan itu. oleh karena diharapkan kepada rekan-rekan media dapat memberikan informasi yang berimbang, yang tepat, akurat sehingga masyarakat tidak termakan berita 'hoaks',  tapi yang benar.

Dikesempatan ini  Bupati mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan wartawan yang berkenan hadir. “Semoga silaturahmi ini terus kita jalin dengan baik, kritik sangat kita perlukan dan informasi berimbang sangat kita perlukan, sehingga kita bisa bersinergi bersama-sama untuk membangun Tanjabbar” Ucapnya.

Ame perwakilan wartawan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati dan jajaran yang telah berkenan melaksanakan kegiatan audiensi dan silaturahmi ini.

“Alhamdulillah harapan dan keinginan dari rekan-rekan wartawan untuk bersilaturahmi dan audiensi bersama Bupati dapat terwujud. Dilaporkan Ame, bahwa di Tanjung Jabung Barat ini ada 5 (lima) Organisasi Wartawan dan Media.  yaitu Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Wartawan Online (IWO), Forum Jurnalis Tanjung Jabung Barat (FJTJB), Aliansi Wartawan Indonesia (AWI) dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI). (ita)

Diberdayakan oleh Blogger.