Tercatat 126 Orang WNA Asal India Isolasi Mandiri di Hotel Holiday Inn Jakbar

JAKARTA - Jumlah warga negara asing atau WNA asal India yang diisolasi terpusat di Hotel Holiday Inn Gajah Mada, Taman Sari, Jakarta Barat (Jakbar), bertambah menjadi 126 orang.

Pada Sabtu kemarin, 24 April 2021 hanya 90 orang yang diisolasi di sana. 

"Laki-laki ada 103 orang, perempuan ada 23 orang," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus dalam keterangannya, Minggu (25/4/2021). 

Yusri menjelaskan, yang dievakuasi dari 22 hotel di Indonesia. Selain itu ada pula satu WNA India yang langsung diisolasi saat baru mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, pada Sabtu malam kemarin. 

"Mereka menempati 115 kamar di Holiday Inn," ucap Yusri. 

Seratusan WNA yang diisolasi itu merupakan 160 orang dari India yang datang ke Indonesia menggunakan pesawat carter. Dari hasil pendataan, sebanyak 153 orang merupakan WNA India dan 7 orang merupakan WNI.  

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah menyebut, para WNA memang dimungkinkan masuk untuk pemegang Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS). 

"Aturan pembatasan (WNA) masuk Indonesia terkait Covid-19 belum dicabut. Mereka yang memang dimungkinkan masuk untuk pemegang KITAS dan diplomat," ulas Faizasyah. 

Namun, Faizasyah mengaku tidak tahu ihwal jumlah WNA Asal India pemegang KITAS yang masuk Indonesia hingga saat ini.

 "Imigrasi yang bisa menjelaskan, data bukan kami di Kemlu. Pengajuan visa diproses langsung di Jakarta, tidak melalui KBRI/KJRI," tambah dia.

KITAS merupakan syarat bagi WNA, untuk tinggal di Indonesia selama masa pandemi Covid-19. Syarat tersebut diatur dalam Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020 tentang visa dan izin tinggal dalam masa adaptasi kebiasaan baru.(harianterbit.com/danial)

Diberdayakan oleh Blogger.