Cegah Ledakan Covid-19, Menkes Bandingkan Indonesia Dengan India

 

JAKARTA - Belajar dari India terkait ledakan kasua Covid-19, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberi peringatan ancaman penularan Covid-19 di tanah air. Ia minta aturan protokol kesehatan digingkatkan. 

Ia juga menyebut sejak libur Paskah dua minggu yang lalu, terjadi sedikit kenaikan kasus baru di Indonesia secara rata-rata dalam pekan ketiga April 2021 ini.

"Ini tugas kita bersama agar jangan sampai mengulangi, seperti di India," kata Budi Gunadi dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (23/4/2021). "Sebaiknya sejak awal kita waspada."

Budi menyebut Indonesia dan India mengalami penurunan kasus Covid-19. Tapi, India lebih dulu mengalaminya, yaitu pada September 2020.

Di negara itu, kasus bergerak turun dari sekitar 90 ribu kasus pada September 2020 menjadi di bawah 25 ribu kasus per hari pada Februari 2021. Lalu memasuki April 2021, terjadilah ledakan hingga ke posisi 300 ribu kasus.

Sementara di Indonesia, penurunan baru terjadi sejak 30 Januari 2021. Ini adalah hari di mana kasus harian Covid-19 mencapai angka tertinggi 14.518. Setelah itu, kasus mulai menurun. 

Budi menilai penurunan kasus di Indonesia mesti dilihat hati-hati. Ia mengatakan ledakan kasus di India terjadi karena pelonggaran atas protokol kesehatan yang terlalu cepat saat negeri itu mengalami penurunan kasus.

Menurutnya, kunci segalanya adalah kemiskinan penerapan protokol kesehatan dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)  berskala mikro karena selama ini hasilnya sudah terbukti. "Tak usah buru-buru melonggarkan PPKM mikro, " ujarnya. (harianterbit.com/yp)
Diberdayakan oleh Blogger.