Bubur Instan Lebih Sehat, dr. Feni Nugraha: Para Ibu Lebih Bijak Memilih Makanan

 


JAKARTA - Sejauh ini kasus stunting masih menjadi tantangan besar yang harus dihadapi bangsa Indonesia. Pada tahun 2019, jumlah kasus yang merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak, baik pertumbuhan tubuh maupun otak, akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama ini mencapai angka 27.6 persen. 

Tak heran, jika angka tersebut sangat mengkhawatirkan, karena masa depan bangsa berada di tangan 79,55 juta anak Indonesia (BPS, 2019). Terlebih, sumber daya yang paling berharga bagi suatu negara merupakan sumber daya manusia yang berkualitas. 

Oleh karenanya, seluruh pihak harus memperhatikan tumbuh kembang anak, mulai sejak dalam kandungan, bayi, hingga mereka memasuki masa emas nya.

Salah satu cara yang dilakukan  untuk menekan  angka  stunting adalah melalui pemberian asupan makanan yang bergizi untuk anak, tentunya dimulai dari sarapan. 

Memberikan sarapan untuk anak juga tidak bisa salah pilih, harus yang bisa membantu melengkapi asupan gizi di pagi hari. Apalagi, pemberian mie instan untuk anak juga sebaiknya dihindari.

“Bahan utama pembuatan mie instan adalah tepung, yang termasuk ke dalam jenis karbohidrat sederhana Jadi susah dicerna dan bisa merusak usus. Itu sebabnya mie instan tak bisa dikonsumsi berlebihan,” kata dr. Feni Nugraha, MARS, MGz, SpGk dalam keterangannya, Rabu (14/4/2021).

Selain itu, kata Feni, mie instan juga tidak memiliki nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Namun, tak dapat dipungkiri sampai saat ini, masyarakat masih menjadikan mie instan sebagai alternatif makanan yang murah dan praktis untuk meredam lapar dan kesehatan pun terabaikan. 

“Untuk para Ibu agar lebih bijak dan kreatif dalam memilah dan mengolah makanan untuk anak. Banyak pilihan makanan instan lain yang lebih sehat, salah satu pilihan tersebut adalah bubur instan yang tentunya lebih mudah dicerna dan lebih sehat untuk disantap setiap hari,” jelas dokter spesialis gizi ini.

Ditambahkannya, bubur instan bisa dikombinasikan dengan bahan makanan sumber protein seperti telur dan sayuran, agar kebutuhan zat gizinya lebih lengkap.

Apalagi, saat ini bubur Instan juga memiliki berbagai varian rasa yang tidak kalah dengan mie  instan,  yaitu  Kuah  Soto,  Kuah  Kari,  Bubur  Ayam,  dan  Bubur  Abon  Sapi.  

“Jadi, Bubur Instan tentu lebih unggul dibandingkan dengan mie instan ya, karena tidak hanya enak dan mengenyangkan, juga memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh kita,” tambahnya. (harianterbit.com)

 

Diberdayakan oleh Blogger.