Kesbangpol Sosialisasi Bahaya Radikalisme dan Terorisme

BANGKO -Menjaga stabilitas dan kondusifitas berbangsa dan negara dalam bingkai NKRI dari ancaman bahaya radikalisme dan terorisme, Kesbangpol Provinsi Jambi menggelar Sosialisasi Bahaya Radikalisme-Terorisme.

Kegiatan tersebut diikuti Kakesbangpol dan Pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Deteksi Dini Masyarat se- Provinsi Jambi.

“Penting mewaspadai daerah kita masing-masing agar terjaga dari bahaya radikalisme dan terorisme”sampai Bupati Merangin, H Al Haris, saat membuka secara resmi kegiatan tersebut, di Aula Kantor Kesbangpol Kabupaten Merangin, Rabu (31/03/21).

Dalam materi yang berjudul ‘Peran dan Upaya Pemkab Merangin dalam pencegahan radikalisme dan terorisme di masyarakat Merangin, Bupati menyampaikan, secara umum kelompok radikal di Indonesia masih eksis, mereka cenderung terus meningkat dan bervariasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang terus berkembang.

“Radikalisme merupakan embrio lahirnya terorisme. Radikalisme merupakan suatu sikap yang mendambakan perubahan total secara revolusioner dengan menjungkir balikan nilai tatanan yang ada secara drastis lewat kekerasan (violence) dan aksi-aksi yang ekstrim,’’terang Bupati.

Sementara itu, Kaban Kesbangpol Provinsi Jambi, H Mukti Said, menyampaikan, sosialisasi ini sebagai upaya bersama mencegah ancaman radikalisme dan terorisme.

“Tak kalah pentingnya kita sama-sama menjaga kondusifitas PSU yang akan datang agar berjalan lancar dan aman,”ingatnya.

Kabid Penanganan Konflik Kesbangpol Provinsi Sigit Eko Yuwono dalam materinya”Pembentukan Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah” menyampaikan, pembentukan tim kewaspadaan dini di masing-masing daerah agar dapat mendeteksi dan mencegah secara dini penyebaran paham radikalisme dan terorisme

“Cegah dan tangkal dini,”tegas pria yang akrab disapa Mbah Sigit ini.

Pemateri lainnya, dari Kabinda Jambi yang diwakili Posdabin Kabupaten Merangin

Anggota FKDM Provinsi Jambi, Nasroel Yasir, yang turut hadir, meng-apresiasi kegiatan ini.

“FKDM se-Provinsi Jambi mendukung upaya bersama deteksi dan cwgah dini paham radikalisme dan terorisme,”pungkas Wakil Ketua PW Muhammadiyah Jambi. (rel)

 

Diberdayakan oleh Blogger.