Bupati Tanjabar Sambut Kunker Pj Gubernur Jambi ke Tanjabar

KUALATUNGKAL  – Dihari libur (Minggu,07/03) Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag, mendapat tamu istimewa dari Jambi.  Dia adalah Dr. Hari Nur Cahaya Murni, M.Si, pejabat Gubernur Jambi saat ini.

Kedatangan Pj Gubernur Jambi dan rombongan itu, disambut dengan tari sekapur sirih setiba di rumah dinas nya di Jl. Sriwijaya Kuala Tungkal.

Pertemuan yang dilangsungkan di Aula rumah dinas itu,  selain dihadiri rombongan Pejabat dari Provinsi Jambi,  dihadiri pula oleh Kapolres Tanjab Barat,   AKBP Guntur Saputro, S. IK, M Hum,  Dandim 0419/Tanjab, Letkol Erwan Susanto,  Kepala Pengadilan Negeri, Agama,  Sekda,  Wakil Ketua DPRD Tanjab Barat serta para Kepala Dinas dan Toga,  Todat serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati tak lupa mengucapkan selamat datang kepada Pj Gubernur Jambi dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Dihadapan PJ Gubernur Bupati menyebutkan bahwa, Tanjung Jabung Barat merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jambi yang berada di pesisir paling timur dengan berbatas dengan Segitiga pertumbuhan Sijori (Singapura, Johor,  Riau) dan Sibajo (Singapura, Batam, Johor), dengan luas wilayah 5.009,82Km2 dibagi 13 Kecamatan dan 134 Desa/Kelurahan dengan jumlah penduduk 304.899 jiwa.

Dikesempatan ini,  Bupati "curhat", kalau Kabupaten Tanjung Jabung Barat, merupakan Kabupaten yang sangat 'sedikit sekali' mendapat kucuran dana, kalau dibanding dengan Kabupaten lain di Provinsi Jambi ini. Untuk itu dirinya berharap banyak pada Gubernur yang juga berdarah Banjar ini.

"waktu saya jadi Anggota DPRD Provinsi Jambi,  APBD Kabupaten Tanjabbar itu  setiap tahunnya Rp 1,2 triliun saja.  Sedangkan fasilitas yang akan dibangun,  sangat banyak.  Dan di Daerah kami,  memiliki struktur tanah yang agak spesial "tanah gambut". Maka dari itu,    kami sangat berharap peranan pemerintah provinsi Jambi dapat memperhatikan Daerah ini disemua lini baik Infrastruktur maupun Pendidikan, Kesehatan dan UMKM nya", ujar Bupati.  

 Saat ini pemerintah dalam tahap penyusunan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) tahun 2022, yang Insyaallah, Musrenbang RKPD nya akan dilakukan Minggu ke IV bulan ini,  dengan menggunakan SIPD (sistem informasi pemerintahan daerah) seperti dimiliki Kementerian Dalam Negeri RI.” Ujarnya

RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) periode terakhir didalam RPJP Tanjabbar, sesuai  dengan Visi menuju Kabapaten Tanjung Jabung Barat "Berkah" (berkualitas, ekonomi maju, religius, kompetitif, aman dan harmonis.

Dan terkait dengan rasio elektrifikasi di Tanjabbar sebesar 87,58 %, terdapat 19 desa yang terdiri dari 8.326 kk yang belum menikmati aliran listrik. Ada salah satu Kacamatan yang masih tertinggal,  Kecamatan Seberang Kota,  dimana sampai saat ini belum pernah menikmati Listrik,  bahkan SMA pun belum ada.

 Melalui kunjungan ibu pejabat Gubernur ini kami sangat berharap dan bermohon dukungan, agar dapat mewujudkan harapan masyarakat di Seberang Kota yaitu dengan mendorong Kementerian ESDM RI,  harap Bupati sekali lagi.

Menanggapi harapan dan permohonan Bupati Tanjab Barat,  Pj. Gubernur Jambi Dr. Hari Nurcahya Murni, M. Si,  dalam sambutannya mengatakan, terkait APBD Kabupaten Tanjabbar yang berjumlah Rp. 1,125 T untuk tahun 2021 terdapat refocusing sesuai dengan amanat Presiden. Untuk mendorong konsentrasi APBD itu,  laksanakan lah pembangunan Infrastruktur di Kabupaten Tanjabbar dengan baik dan utamakan kemajuan serta kembangkan sektor UMKM.”

Salah satu pendukung maju nya UMKM ada di pundak Istri Bupati sebagai Ketua Dekranasda di Kabupaten,"untuk itu,  Ibu Bupati bicarakanlah ini dengan Bapak Bupati didalam kamar sambil tidur", ujar Pj Bupati sambil bergurau.

Dalam kunker ini,  Pj Gubernur memberikan juga bantuan berupa MPASI kepada Istri Bupati selaku Ketua TP PKK Kabupaten. MPASI ini diperuntukan bagi warga masyrakat yang kurang mampu dan kurang gizi di Kab.Tanjung Barat. Dan pada kesempatan ini Ketua TP PKK Kab. Tanjab Barat, Ny Fadhilah Anwar Sadar memberikan cendera mata kepada Pj Gubernur Jambi disaksikan Bupati serta para undangan lainnya.  Diahkir dengan foto bersama dan makan siang.(ita) 

Diberdayakan oleh Blogger.