Borobudur Kelebihan Pengunjung

 


YOGYAKARTA - Puncak Candi Borobudur idealnya hanya bisa dikunjungi 128 orang sehari. Saat ini, jumlah pengunjung jauh berlipat dari angka ideal itu.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan saat ini pemerintah melakukan penajaman dan penerapan Rencana Induk Pariwisata Terpadu Borobudur-Yogyakarta-Prambanan. Ini untuk mengembangkan Destinsi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur jadi kawasan pariwisata berkualitas.

Tantangan besar penataan DPSP Borobudur adalah menjaga keberlanjutan struktur candi sebagai warisan budaya nasional.

"Ini karena peningkatan wisatawan mencapai 8.000 orang per hari pada 2019. Sementara, hasil studi Balai Konservasi Borobudur menunjukkan, idealnya kawasan puncak Borobudur hanya mampu menampung maksimal 128 pengunjung per sekali kunjungan setiap hari," katanya dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/3/2021). 

Menurutnya, dengan melibatkan masyarakat secara aktif maka bisa dipastikan dampak pelestarian Borobudur tetap berkelanjutan.

Ia menyebut peran mahasiswa memperdalam studi kawasan Borobudur akan menumbuhkan sense of belonging. "Dengan demikian akan tumbuh rasa bertanggung jawab untuk merawat dan melestarikan peninggalan ini hingga ke generasi mendatang," katanya. (harianterbit.com/yp)

 

Diberdayakan oleh Blogger.