Hari Pertama Bertugas, Pj. Gubernur Jambi Koordinasi dengan Forkopimda dan OPD serta PKK dan Dekranasda

JAMBI - Pj Gubernur Jambi Dr. Hari Nur Cahya Murni, M.Si mulai bertugas di hari pertamanya tiba di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah, Provinsi Jambi, Jumat (19/2/2021) pagi.

Seusai dilantik, Penjabat (Pj) Gubernur Jambi, Ibu Nunung, sapaan akrab Hari Nur Cahya Murni langsung bersilaturahmi ke sejumlah unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Selain dalam rangka silaturahmi, kunjungan tersebut sekaligus untuk mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan pemerintahan di Jambi.

Instansi pertama yang disambangi Pj Gubernur Jambi Ibu Nunung didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H. Sudirman, SH. MH. ialah ke Kantor Kejaksaan Tinggi Provinsi Jambi. Pj. Gubernur berkoordinasi dengan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jambi DR Johanes Tanak SH.,MH. di Kantor Kejati Provinsi Jambi.

Pertemuan dengan Kajati Jambi di hari pertama tugasnya sebagai Pj. Gubernur Jambi, ia ingin menginventarisir masalah penegakan hukum di Jambi.

"Turun dari pesawat, saya langsung berkunjung ke sejumlah Forkopimda. Rencana awal bertemu Kapolda, namun karena Bapak Kapolda tidak ada di tempat, saya langsung menemui Kajati, kemudian dilanjutkan bertemu dengan Danrem 042/Garuda Putih Brigadir Jenderal TNI Muhammad Zulkifli, S.I.P., M.M. dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Rocky Candra, SE." ungkapnya di Kantor Gubernur Jambi, Jumat (19/2).

Siang harinya, Pj. Gubernur Jambi kembali didampingi Sekda Provinsi bersilaturahmi dengan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov untuk berdiskusi tentang berbagai permasalahan di tiap OPD dan Program Pemerintah Pusat maupun Pemda.

"Yang jelas kita tidak sendiri untuk melakukan banyak hal di Provinsi Jambi. Tentu kita harus bersinergi untuk menyelesaikan hal-hal strategis," harapnya.

Seperti tak mengenal lelah, pada sore harinya kegiatan Pj. Gubernur Jambi dilanjutkan dengan diskusi bersama Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi Syamsurizal, SE., M.Si dan juga Ibu Sekda selaku Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jambi.

Dalam diskusi tersebut Pj. Gubernur Jambi mendorong terjadinya pertukaran teknologi ramah lingkungan yang berkelanjutan dengan daerah lain di luar negeri melalui kerjasama sister province.

Kepada TP PKK Provinsi Jambi, Pj. Gubernur Jambi mendorong agar persoalan stunting dapat lebih melibatkan peran PKK.

Peraih Cumlaude Program Doktor Bidang Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Institut Pertanian Bogor (IPB) itu juga berharap dalam satu bulan ke depan masa kepemimpinannya menjadi Pj. Gubernur, penanganan Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan 5M serta mendukung program vaksinasi nasional benar-benar menjadi perhatian khusus.

Hal lain yang kemudian menjadi pesan khusus kepada Pimpinan OPD dan ASN di lingkungan Pemprov Jambi ialah netralitas ASN dan berupaya menjaga suasana kondusif selama menunggu proses sengketa Pilgub Jambi hingga diputuskan hasilnya oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Selain itu, Pj. Gubernur Jambi menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Jambi, yang berada pada posisi kelima untuk penanganan stunting. Dia berharap, dengan kolaborasi Pemda dan PKK, penanganan stunting di Jambi kedepan dapat lebih baik lagi.

Sejak Juli 2020, Ibu Nunung menjabat Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri dan merupakan wanita pertama yg pimpin Prov Jambi. (***)

 

Diberdayakan oleh Blogger.