Cina Dukung RI Bangun Pusat Vaksin di Asia Tenggara


JAKARTA - Cina  mendukung rencana Indonesia membangun pusat produksi vaksin di Asia Tenggara. 

Pernyataan itu terungkap dari Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Cina (RRC), Wang Yi saat bertelpon dengan Menteri Koordinator bidan Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. 

Seperti dilaporkan Global Times, Sabtu (6/2/2021), dalam pembicaraan telepon itu,  Menteri Wang mengaku mengenang baik pertemuannya dengan Luhut di Indonesia belum lama ini.

Baik Indonesia maupun RRC akann sungguh-sungguh menerapkan serangkaian kesepakatan penting yang dicapai oleh kedua kepala negara, Presiden Jokowi dan Xi Jin Ping.  

Menurutnya, Cina  mementingkan kebutuhan Indonesia akan vaksin. Juga mendukung upaya Indonesia  membangun pusat produksi vaksin di Asia Tenggara.

Selain itu kedua belah pihak akan meningkatkan kerja sama di berbagai bidang. Karena Wang menilai selama Indonesia dan Cina bersatu akan bisa memberi kontribusi lebih besar lagi bagi Asia Tenggara dan umat manusia. 

Kerja sama lain yang juga dikembangkan seperti di bidang maritim, mengadakan putaran baru komite kerja sama maritim dan pertemuan komite teknis tentang kerja sama maritim pada tanggal awal, dan memberikan peran penuh pada peran Dana Kerja Sama Maritim, kata Wang.

Cina dan Indonesia juga harus membentuk kelompok kerja perdagangan secepat mungkin untuk memperluas skala perdagangan bilateral, dan terus maju dengan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung untuk memastikan bahwa itu selesai dan dibuka untuk lalu lintas sesuai jadwal.

Sementara itu, Luhut mengatakan bahwa pemerintah dan masyarakat Indonesia menghargai penawaran vaksin yang tepat waktu dari Cina. Dia mengaku terus belajar dari pengalaman China dalam pencegahan dan pengendalian epidemi Covid19 serta mendorong kerja sama anti-virus dengan Cina.

Indonesia mengharapkan lebih banyak investasi dari Cina, dan siap untuk memperkuat pertukaran dan kerja sama di bidang-bidang seperti perdagangan, urusan maritim dan olahraga, mempercepat pembangunan bersama Belt and Road, dan bersama-sama membuat kemajuan dalam proyek-proyek besar seperti Jakarta -Bandung KA berkecepatan tinggi. (*/yp/harianterbit.com) 

 

Diberdayakan oleh Blogger.