Gubernur Hadiri Peringatan Hari Ibu


 JAMBI - Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengemukakan, peran dan keterlibatan kaum perempuan sangat penting dalam upaya mewujudkan tujuan pembangunan yang berkelanjutan (Sustainable Development Goals). Hal tersebut dikemukakan Fachrori pada Peringatan Hari Ibu ke-92 Tahun 2020 Tingkat Provinsi Jambi, yang berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kamis (17/12).

 

“Peran perempuan menjadi sangat penting, karena target yang ada dalam SDGs memiliki keterkaitan erat dengan peran kaum perempuan, baik dalam keluarga, masyarakat, maupun program kerja yang selama ini telah dilaksanakan oleh berbagai organisasi wanita. Saya mengharapkan kedepannya, peran dan kualitas organisasi wanita dapat ditingkatkan guna mengambil peluang dan menjawab tantangan dalam pembangunan,” ujar Fachrori.

 

Fachrori menuturkan, berkat dukungan berbagai organisasi perempuan dan semua pihak, pembangunan dan pemberdayaan perempuan di Provinsi Jambi mengalami peningkatan, dengan meningkatnya kiprah perempuan dalam berbagai peran dan posisi, baik pada bidang politik, hukum, pemerintahan dan ekonomi.

 

“Saya mengucapkan terima kasih atas peran dan kontribusi kaum perempuan Provinsi Jambi, baik secara individu maupun melalui organisasi wanita yang ada, dalam meningkatkan pembangunan dan pemberdayaan perempuan di Provinsi Jambi. Hal ini dapat kita lihat dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Gender di Provinsi Jambi dari 87,88 pada tahun 2014 menjadi 88,44 pada tahun 2019,” tutur Fachrori.

 

Fachrori menyampaikan, peringatan Hari Ibu ini merupakan salah satu wujud penghormatan dan penghargaan terhadap peran dan pengabdian perempuan dalam kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara sampai dengan saat ini. Peringatan hari ibu ini juga sebagai momentum dalam refleksi dan renungan bagi semua terhadap berbagai upaya dalam rangka memajukan pergerakan perempuan disemua bidang pembangunan.

 

Lebih lanjut, Fachrori mengajak seluruh masyarakat dan berbagai pihak untuk mendukung dan memberikan kesempatan kepada kaum perempuan dalam memberdayakan diri selama hal itu bersifat positif dan bermanfaat, serta mengingatkan kepada kaum perempuan agar tetap menyadari dan menjunjung tinggi kodrat seorang perempuan dalam keluarga.

 

“Hendaknya, sukses dalam karier maupun pekerjaan, harus diikuti dengan sukses membina keluarga. Jangan melupakan tugas dan kewajiban sebagai seorang istri dan seorang ibu dalam keluarga,” pungkas Fachrori.

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Provinsi Jambi, Dra.Lutpiah mengatakan, peringatan Hari Ibu ini merupakan upaya bersama dalam mengingat perjuangan kaum perempuan Indonesia yang telah menempuh jalan panjang mewujudkan peranan dan kedudukan perempuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sebagai bagian yang tidak terpisahkan terhadap perjuangan merebut kemerdekaan.

 

“Peringatan Hari Ibu ini bertujuan untuk membangkitkan dan meningkatkan kepedulian masyarakat, perspektif perempuan berdaya yang dapat dicapai dan dilakukan oleh setiap perempuan sebagai sebuah bentuk kesetaraan peran dalam mewujudkan harmoni antara laki laki dan perempuan,” kata Lutpiah.

 “Beberapa rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-92 tahun 2020 antara lain, pengobatan gratis untuk perempuan lansia, anjangsana dan pemberian bantuan ke Panti Tresna Werda, kegiatan webinar, dan rapid test Covid-19 dengan target 200 orang,” tambah Lutpiah. (richi)


Diberdayakan oleh Blogger.