Partai Republik Terpecah Atas Klaim Trump yang Tidak Berdasar Tentang Kecurangan Pemilu

JAKARTA - Seorang senator utama Partai Republik pada hari Jumat (6/11/2020) waktu setempat mengatakan bahwa dia tidak melihat bukti untuk mendukung klaim tak berdasar yang dilontarkan Presiden Donald Trump bahwa kubu Demokrat mencoba untuk "mencuri" pemilu, bahkan ketika para pemimpin Partai Republik mengeluarkan nada yang lebih netral dan yang lainnya mendesak Gedung Putih untuk pertarungan ke MK.

Senator Pat Toomey dari Pennsylvania, yang negara bagiannya merupakan medan pertempuran utama dalam pemilihan presiden, menyebut klaim presiden itu "sangat mengganggu". "Tidak ada bukti yang menunjukkan kepada saya tentang korupsi atau penipuan yang meluas," kata Toomey kepada CBS.

"Pidato presiden tadi malam sangat mengganggu saya karena dia membuat tuduhan yang sangat-sangat serius tanpa ada bukti yang mendukungnya. Saya memilih Presiden Trump. Saya mendukung Presiden Trump. Saya ingin presiden berikutnya menjadi orang yang secara sah memenangkan Electoral College dan saya akan menerima siapa pun itu," sambung Toomey.

Trump, yang telah mengeluh selama berminggu-minggu tentang surat suara yang masuk, meningkatkan tuduhannya pada Kamis malam, mengatakan di Gedung Putih bahwa proses penghitungan suara tidak adil dan terindikasi korup, namun dia tidak mendukung klaimnya dengan detail atau bukti apa pun, bahkan pejabat negara bagian dan federal pun belum melaporkan adanya kasus penipuan pemilih.

Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell memberikan nada yang lebih netral, dan anggota Partai Republik lainnya dengan lebih tegas mendesak Trump untuk berjuang mengalahkan Demokrat Joe Biden. "Setiap suara resmi harus dihitung. Semua pihak harus mengamati prosesnya," tweet McConnell pada Jumat pagi.

Pemimpin Minoritas DPR Kevin McCarthy mengambil nada yang lebih konfrontatif, bersikeras secara tidak akurat bahwa Trump "memenangkan" pemilihan, meskipun para pejabat di beberapa negara bagian masih menghitung suara orang Amerika. “Jadi setiap orang yang mendengarkan, jangan diam, jangan diam tentang ini. Kami tidak bisa membiarkan ini terjadi di depan mata kami,” kata McCarthy di Fox News. “Bergabunglah bersama dan mari kita hentikan ini,” tambahnya.

Perpecahan itu menunjukkan cengkeraman Trump pada partainya, terutama setelah Partai Republik di Kongres memenangkan kursi di DPR dan Senat yang mencalonkan diri kembali bersama presiden.

Salah satu sekutu utama Trump, Senator Lindsey Graham mengatakan melalui panggilan telepon dengan wartawan hari Jumat bahwa ia mendukung upaya Trump untuk menantang penghitungan suara di beberapa negara bagian yang belum dihitung dalam pemilihan presiden.

Graham mengatakan dia "tidak mengakui" bahwa Biden akan memenangkan kursi kepresidenan tetapi akan mencoba bekerja dengan pemerintahan Demokrat jika ada yang dilantik. Dia mengatakan di Fox News bahwa dirinya akan menyumbangkan 500.000 dolar Amerika untuk "dana pembelaan hukum" presiden dan mendesak orang-orang untuk ikut serta.

Senator Partai Republik lainnya, gubernur, dan pejabat terpilih lainnya dengan cepat menolak klaim Trump, perpecahan yang jarang terjadi dengan presiden yang tetap memegang teguh partainya.

Adam Kinzinger, seorang Republikan dari Illinois, pada hari Kamis men-tweet bahwa klaim penipuan presiden "semakin gila." Jika Trump memiliki kekhawatiran "sah" tentang penipuan, mereka harus didasarkan pada bukti dan dibawa ke pengadilan," tulis Kinzinger, menambahkan, "STOP Menyebarkan informasi yang salah."

Gubernur GOP Maryland Larry Hogan, calon presiden 2024 potensial yang sering mengkritik Trump, berkata dengan tegas: “Tidak ada pembelaan atas komentar Presiden malam ini yang merusak proses Demokrat kita. Amerika sedang menghitung suara, dan kami harus menghormati hasilnya seperti yang selalu kami lakukan sebelumnya. “Tidak ada pemilu atau orang yang lebih penting dari demokrasi kita,” kata Hogan di Twitter.

Kritik lain, datang dari anggota Kongres, Senator Marco Rubio, seorang Republikan Florida yang berbicara di rapat umum kampanye Trump baru-baru ini, mengatakan dalam sebuah tweet bahwa jika ada kandidat yang percaya "suatu negara melanggar undang-undang pemilu, mereka memiliki hak untuk menggugatnya di pengadilan & menghasilkan bukti untuk mendukung klaimnya.″

Rubio berkata sebelumnya: “Mengambil hari untuk menghitung suara yang diberikan secara legal BUKAN penipuan. Dan tantangan pengadilan untuk suara yang diberikan setelah batas waktu pemungutan suara yang sah BUKANLAH penindasan."

Sementara Biden pada Jumat hampir mendekati 270 suara Electoral College yang diperlukan untuk memenangkan Gedung Putih, tidak jelas kapan pemenang nasional akan ditentukan setelah kampanye panjang dan pahit yang didominasi oleh pandemi virus Corona dan pengaruhnya terhadap Amerika dan ekonomi nasional.

Senator Demokrat Chris Murphy dari Connecticut mengatakan kepada The Associated Press bahwa dia berharap Partai Republik meningkatkan tanggapan mereka terhadap klaim Trump yang tidak berdasar. Sementara Partai Republik mungkin ingin memberi Trump waktu untuk "membuat argumennya," ketika menjadi jelas bahwa klaim tidak berdasar. "Harapan saya adalah bahwa Partai Republik akan memberikan tekanan publik dan pribadi padanya," kata Murphy.

Mantan Gubernur New Jersey Chris Christie, sekutu Trump yang merupakan analis ABC News, mengatakan tidak ada dasar untuk argumen Trump. Christie menyebut serangan Trump terhadap integritas pemilu sebagai "keputusan strategis yang buruk" dan "keputusan politik yang buruk, dan itu bukan jenis keputusan yang Anda harapkan dibuat seseorang ... siapa yang memegang posisi yang dia pegang." (harianterbit.com)

 

Diberdayakan oleh Blogger.