Ciri-Ciri Rumah Teladan dalam Islam

RIAU - Dalam Islam ada kriteria rumah teladan yang mesti ditiru. Ada ciri-ciri rumah teladan yang dijelaskan dalam Ensiklopedia Wanita Muslimah oleh Haya Binti Mubarok Al-Barik. Beberapa di antaranya

1. Bangunannya sederhana
Bangunan sederhana dalam artian sederhana baik dari segi bangunan materi maupun ruhaninya. Segi materinya jauh dari pemborosan, mencakup makanan, minuman, perlengkapan rumah dan sebagainya.

2. Rumah yang suci, bersih, dihuni orang-orang yang mencintai kesucian.
Penghuni rumah teladan mengetahui bahwa Allah Swt mencintai orang-orang yang senantiasa menampakkan rumahnya dalam keadaan indah. Mereka mengetahui Allah Swt mencintai keindahan, dan mengetahui pula kebersihan sebagian dari iman.

3. Rumah teladan berlandaskan pada kaidah-kaidah bijaksana, berupa ketentraman, cinta, dan kasih sayang. Tidak ada keresahan dan kegaduhan atau suara-suara yang keras. Tidak ada pula teriakan-teriakan.

4. Rumah teladan pondasinya dibangun berdasarkan cinta dan kasih sayang.
Jika bisa menumbuhkan keluarga yang saling mencintai dan saling mengasihi, maka bisa tercipta masyarakat yang juga saling mencintai dan mengasihi. Karena, masyarakat merupakan sekumpulan keluarga.

5. Rumah teladan menjadikan setiap anaknya suatu kekhususan.
Pemisahan anak dari tempat tidur adalah suatu tindakan yang diperintahkan sebagaimana Nabi SAW bersabda:

“Suruhlah anak-anakmu mengerjakan shalat ketika mereka berusia tujuh tahun, dan pukullah mereka (jika tidak mengerjakannya) setelah mereka berusia sepuluh tahun, dan pisahkanlah emreka di tempat tidur.” (Diriwayatkan Abu Daud).

6. Rumah teladan adalah yang para penghuninya saling bahu-membahu dan berbagi tugas-tugas rumah di antara mereka, semua berdasarkan kemampuan masing-masing.(riauterbit.com/rep)

Diberdayakan oleh Blogger.