Cara Cerdas Memilih Makanan dengan Logo Pilihan Lebih Sehat

Jakarta - Mengonsumsi produk makanan sehat dan layak dapat meningkatkan kualitas hidup setiap individu. Namun kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi produk makanan sehat belum menjadi prioritas. Terlihat dari konsumsi gula, garam, dan lemak masyarakat Indonesia yang cukup tinggi.

Lebihnya konsumsi gula, garam, dan lemak harian bisa memicu berbagai macam penyakit. Mulai dari hipertensi, diabetes, kolesterol, hingga serangan jantung. Untuk itu, Nestle Indonesia berinisiatif untuk membantu mengontrol konsumsi gula, garam, dan lemak harian dengan mencantumkan logo "Pilihan Lebih Sehat" di produk minuman siap konsumsinya. Seperti Milo UHT, Dancow UHT, dan Bear Brand.

"Pengetahuan tentang pemenuhan gizi seimbang serta pembatasan asupan gula, garam, dan lemak di Indonesia merupakan sebuah masalah yang membutuhkan perhatian kita semua, dan kami sangat mendukung upayapemerintah untuk mendorong konsumen agar dapat memilih pangan yang lebih sehat. Hari ini, dengan bangga sayapersembahkan produk Nestlé dengan logo “Pilihan Lebih Sehat” yaitu MILO UHT, DANCOW UHT, dan BEARBRAND,” ujar Presiden Direktur Nestlé Indonesia Ganesan Ampalavanar.

Produk makanan sehat yang mencantumkan logo "Pilihan Lebih Sehat" memiliki kandungan gula, garam, dan lemak harian yang dianjurkan oleh BPOM dan Kementerian Kesehatan. Biasanya produk yang memiliki logo "Pilihan Lebih Sehat" mengandung gula, garam, dan lemak lebih rendah dibanding produk sejenis.

Pentingnya membaca label gizi

Misalnya pada produk susu atau sari buah yang tidak menggunakan pemanis buatan dalam minumannya. Atau pasta dan mi instan yang memiliki kadar garam yang tidak melebihi dari 90gram per100gram.

Dalam konferensi pers virtual, dr. Rimbawan dari Departemen Gizi Masyarakkat Institusi Pertanian Bogor mengimbau masyarakat untuk selalu membaca label gizi pada kemasan. Sehingga konsumen bisa lebih cerdas memilih produk pangan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Menanamkan kebiasaan membaca label produk pangan sejak dini dapat membangun kesadaran gaya hidup sehat dan kebiasaan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Menurut Donna Agensia, mengonsumsi bahan pangan yang sehat menjadi begitu penting di samping melakoni akitivitas olahraga.

Dengan adanya logo "Pilihan Lebih Sehat" pada produk pangan, konsumen menjadi lebih mudah memilih produk pangan yang kandungannya sesuai dengan rekomendasi kebutuhan nutrisi harian.

sumber : fimela.com

 

Diberdayakan oleh Blogger.