Anugerah Jurnalistik MHT-PWI Jaya 2020 Masuki Tahap Penilaian Naskah

 JAKARTA - Tahapan demi tahapan Anugerah Jurnalistik Muhammad Husni Thamrin (MHT) – PWI DKI Jakarta 2020 telah dilalui. Kini agenda tahunan PWI Jaya itu memasuki babak akhir. Tim prajuri dan Dewan Juri anugerah karya jurnalistik telah menyelesaikan tahapan seleksi dan penjurian.

Proses tersebut dimulai sejak bulan Juni 2020. Dimana tim juri terlebih dulu menseleksi ribuan naskah berita tentang pembangunan dan permasalahan di DKI Jakarta yang masuk atau dipilih. 

Tahun ini terdapat tujuh kategori yang  dilombakan meliputi, 1. Produk jurnalistik teks. 2. Produk jurnalistik foto. 3. Produk jurnalistik video stasiun tv terestrial. 4. Produk jurnalistik video media massa televisi streaming. 5. Produk jurnalistik audio. 6. Produk jurnalistik infografis. 7. Tajuk rencana.  

Setelah melewati proses penilaian di Tim Prajuri,  akhirnya didapatkan 35 naskah dari tujuh kategori yang dilombakan. Selanjutnya naskah pilihan tersebut diseleksi lebih lanjut oleh Tim Dewan Juri yang dipimpin oleh Kabid Organisasi PWI Jaya, Irmanto. 

Di tingkat tersebut, penilaian berlangsung sangat ketat dan muncul banyak perdebatan. Setelah melewati serangkaian proses seleksi yang rumit dan panjang, akhirnya Dewan Juri menetapkan satu pemenang dan dua nominee untuk masing-masing kategori.

“Banyak naskah berita yang masuk ini membuat kami cukup sibuk. Namun kami juga bangga karena terdapat banyaknya pemberitaan tentang Ibukota yang cukup baik dan pantas untuk dinilai,” ungkap Irmanto, Jumat (9/10/2020).

Selanjutnya panitia anugerah jurnalistik akan mengumumkan para pemenang pada Senin, 2 November 2020 di Balai Kota, DKI Jakarta.  Namun dalam masa pandemi Covid-19, acara akan berbeda dari biasanya. 

“Kita akan umumkan pemenang yang berhak untuk mendapatkan hadiah uang pembinaan via zoom. Ini memang tidak seperti biasanya, dimana kami menggelar puncak acara anugerah dengan menghadirkan secara langsung para pemenang di acara tersebut,” ujar Kesit Budi Handoyo, Ketua Panitia MHT 2020. 

Meski diselenggarakan secara virtual pada masa pandemi Covid-19, namun tak mengurangi bobot dari acara penganugerahan itu sendiri. Beberapa sponsor yang selama ini rutin menjadi rekanan PWI Jaya dalam menggelar agenda tahunan ini tetap mendukung. 

Mulai dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan), PT Pegadaian (Persero),  PT FIF, Djarum Foundation. Ada pula sumbangan pribadi dari salah satu anggota DPRD DKI Jakarta, Steven Setiabudi Musa. 

Selain itu, juga dukungan dari Pemprov DKI Jakarta yang dalam beberapa tahun terakhir telah memasukan anugerah jurnalistik ini sebagai agenda resmi pemerintah ibukota.  

“Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi rekanan sponsor yang mendukung acara tahunan kami. Semoga ke depan, acara ini makin memacu kreativitas pers Jakarta untuk memberikan kritik dan masukan yang membangun untuk Ibukota tercinta,” tutur Sayid Iskandarsyah, Ketua PWI DKI Jakarta. (harianterbit.com)

 

Diberdayakan oleh Blogger.