Ratusan Massa SPI Gelar Unjukrasa di Dinas Kehutanan Provinsi Jambi

 

KOTA JAMBI - Ratusan petani di Jambi yang tergabung dalam Serikat Petani Indonesia (SPI) menggelar aksi unjukrasa di Depan Kantor Dinas Kehutanan Provinsi Jambi dan Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jambi, Senin (28/9/20). 

Petani mendesak Pemerintah Provinsi Jambi untuk segera menyelesaikan konflik agraria di Provinsi Jambi yang tak kunjung usai. Salah seorang orator unjukrasa Ahdiyat dalam orasinya mengatakan, telah sangat lama konflik agraria di kawasan hutan Jambi, dan hingga saat ini belum usai. 

"Kami meminta pemerintah menuntaskan permasalahan ini, karena telah ada payung hukum berupa undang-undang tentang agraria," ujarnya. 

 Pendemo juga meminta pemerintah mengevaluasi perizinan pihak perusahaan perkebunan dan mencabut izin perusahaan yang disinyalir telah menyerobot lahan petani. 

"Kami di sini ingin menuntut hak kami, kami hanya ingin meminta keadilan," kata orator demo tersebut. Sementara itu, Ketua Badan Pelaksana Wilayah (BPW) SPI Provinsi Jambi Sarwadi, mengatakan pihaknya menuntut komitmen pemerintah untuk menyelesaikan persoalan ini. 

"Kita juga meminta jangan ada lagi kriminalisasi terhadap petani, karena kasus ini telah naik ke kementrian," kata dia. Sarwadi juga mengaku kecewa karena aksi mereka tidak disambut oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi. Padahal sebelum aksi ini dilaksanakan terlebih dulu telah ada pemberitahuan. (ref)

Diberdayakan oleh Blogger.