Pemerintah Beri Kesempatan Tukarkan Gas 3 Kg Dengan 5,5 Kg



KOTA JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi bersama dengan PT Pertamina akan memberikan kesempatan kepada masyarakat berpenghasilan menengah ke atas, agar menukar gas elpiji tabung ukuran 3 kilogram (kg) dengan tabung ukuran 5,5 kg.

"Penukaran akan dilakukan September ini, sebab gas 3 kg hanya diperuntukan bagi masyarakat berpenghasilan menengah kebawah atau pengusaha mikro kecil," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Provinsi Jambi, Ani Rosnifah di Jambi, Selasa (15/9/20).

Pemberian ruang penukaran gas ukuran 3 kg dengan gas ukuran 5,5 kg tersebut menurut Ani, merupakan upaya Pemerintah Daerah Jambi mengantisipasi kelangkaan gas yang terjadi di Provinsi Jambi saat ini.

"Kelangkaan itu disebabkan karena pendistribusian gas 3 kg tidak tepat sasaran. Gas 3 kg ini juga dinikmati masyarakat menengah keatas," jelasnya.

Padahal, berdasarkan Keppres Nomor 104 bahwa gas ukuran 3 kg ini diperuntukan bagi masyarakat ekonomi menengah kebawah atau pengusaha mikro kecil.

Ani mengimbau masyarakat menengah keatas yang masih menggunakan gas ukuran 3 kg, agar menukarkan dengan gas ukuran 5,5 kg. Bahkan, nantinya juga akan diberikan subsidi oleh pemerintah.

"Kita telah buatkan surat keputusan gubernur, tinggal lagi menentukan waktu pelaksanaan," tegasnya.

Berdasarakan pantauan media ini, di sejumlah pangkalan gas di Kota Jambi, masih terlihat antrian panjang warga yang ingin mendapatkan gas elpiji ukuran 3 kg.

Antrian panjang tersebut kerap kali terlihat di pangkalan gas elpiji di Kelurahan Lingkarselatan, Kecamatan Jambiselatan, Kota Jambi. (ref)





Diberdayakan oleh Blogger.