GMMI Geruduk MUI Tuntut Sertifikasi Halal Diserahkan ke BPJPH - Kemenag

JAKARTA - Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Gerakan Muda Muslimin Indonesia (GMMI) menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat di Jl. Proklamasi No. 51, Menteng Jakarta Pusat, Rabu (2/9/2020).


Dalam aksinya mereka mendesak MUI untuk transparan terkait anggaran sertifikasi halal dan mendukung penuh Kemenag RI mengambil alih kewenangan sertifikasi halal. Sejumlah spanduk agar MUI transparan terkait anggaran sertifikasi halal pun dibentangkan para pendemo.


Berdasarkan informasi yang didapat aksi yang digelar GMMI di MUI ini sudah kali keduanya. Sebelumnya, demo dilakukan, Kamis (27/8/2020). Dalam demo kedua ini, massa GMMI tidak bisa menemui pengurus MUI mengingat saat ini sedang WFH dan sebelumnya tidak ada pemberitahuan terkait aksi tersebut.


Koordinator GMMI M Daud Loilatu mengatakan, aksi yang dilakukanya merupakan arahan dari seniornya. Karena sebelumnya Haris Pertama sebagai ketua DPP KMPI telah berbicara sertifikasi halal disebuah media online pada tanggal 8 Agustus 2020.


"Aksi ini guna mendesak MUI untuk transparan terkait anggaran sertifikasi halal dan mendukung penuh Kemenag RI mengambil alih kewenangan sertifikasi halal," tandasnya.


Aksi yang digelar pada pukul 10.42 WIB ini juga membawa alat peraga mobil sound sistem dan pemasangan spanduk di depan kantor MUI Pusat. Massa membakar satu ban mobil dan spanduk di pintu gerbang kantor MUI. Aksi tersebut sempat membuat Jl Proklamasi arah Jatinegara tersendat.

sumber : harianterbit.com
Diberdayakan oleh Blogger.