Warga Dihimbau Tidak Melakukan Pembakaran Saat Membuka Lahan Kebun


SAROLANGUN - Komandan Kodim 0420 Sarolangun Bangko (Sarko) Letkol Inf Tomy Radya Lubis mengimbau warga agar tidak membakar saat membersihkan lahan untuk berkebun.

Himbauan kodim ini terkait upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) memasuki musim kemarau tahun ini. "Jika terjadi karhutla, dampak negatifnya merugikan kita bersama," ujarnya, Kamis (6/8/20).

Dalam upaya melakukan pencegahan karhutla di Kabupaten Sarolangun, Satuan Tugas (Satgas) Karhutla dan pihak terkait lainnya termasuk TNI, telah menggelar apel persiapan antisipasi karhutla.

"Anggota kita selalu siap membantu sepenuh hati guna mengantisipasi karhutla di wilayah binaan masing-masing," ujarnya.

Kemudian menurut dandim, pihaknya juga memberikan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat tentang dampak negatif serta kerugian yang didapat jika terjadi karhutla.

Bagi para pekebun yang melakukan pembersihan lahan dengan cara dibakar, akan berisiko tinggi menimbukan kebakaran besar. Mengingat cuaca panas pada musim kemarau menjadi pemicu uatama.

"Makanya kita ingatkan kepada masyarakat, kami juga terus mensolisasikan bahaya kebakaran hutan baik kepada masayarakat maupun pihak perusahaan perkebunan," pungkasnya. (nus)
Diberdayakan oleh Blogger.