TP PKK Provinsi Jambi Siap Sukseskan Gebrak Masker Nasional


JAMBI - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi Hj.Rahima Fachrori menyatakan kesiapan seluruh anggota TP PKK di Provinsi Jambi untuk menyukseskan gerakan nasional yang bertajuk Gerakan Bersama Memakai Masker yang disebut “Gebrak Masker”. Pernyataan ini disampaikannya saat bertemu dengan Kabag Keuangan Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Azwirman,S.STP,M.Si, Minggu (16/8) di rumah dinas di Telanaipura.

Turut mendampingi Ketua TP PKK, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jambi Hj.Iin Kurniasih Sudirman, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) Provinsi Jambi Lutpiah, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Rahmad Hidayat, S.Sos, M.Si.


Dalam kesempatan ini, Azwirman menyerahkan paket masker dari Kemendagri. Kegiatan pembagian masker ini adalah untuk menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), untuk menggencarkan penggunaan masker di kalangan masyarakat.


Gebrak Masker di seluruh Indonesia akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2020, untuk memasyarakatkan masker dan menekan kasus COVID-19 di Indonesia, dimana masih banyak masyarakat yang belum sadar untuk menggunakan masker. Gerakan ini merupakan kegiatan yang bersinergi antara Kemendagri dengan TP PKK dan Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK).


Hj.Rahima Fachrori sangat mengapresiasi presiden dan Kemendagri yang telah memercayakan TP PKK seluruh Indonesia untuk turut serta menyosialisasikan gerakan menggunakan masker. “Kami bersyukur sekali atas kepercayaan dari Presiden Bapak Jokowi yang telah memercayakan TP PKK untuk melakukan gerakan ini, kami akan langsung mengoordinasikannya dengan TP PKK di tingkat kabupaten/kota untuk menyukseskan gerakan ini,” ujarnya.


Rahima menjelaskan, TP PKK Provinsi Jambi telah beberapa kali melakukan pembagian masker kepada masyarakat, dan yang terpenting adalah bagaimana mengedukasi masyarakat untuk mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditentukan. Pembagian masker oleh TP PKK Provinsi Jambi telah dilakukan sejak awal merebaknya Covid-19 di Provinsi Jambi. Selain masker, TP PKK Provinsi Jambi juga berperan membantu masyarakat yang sangat terdampak pandemi Covid-19 dengan membagikan paket sembako.


“Saat melihat kondisi lapangan, banyak masyarakat yang tampak tidak memakai masker. Alasannya karena mereka tidak memiliki biaya untuk membelinya. Karena itu, kami bekerja sama dengan banyak pihak untuk mengadakan dan membagikan masker kepada masyarakat. Selain itu, kami juga menggerakkan Pokja terkait dari TP PKK Provinsi Jambi untuk mengadakan dan membagikan sembako kepada masyarakat yang sangat terdampak Covid-19,” jelas Rahima.


Secara nasional, gerakan Gebrak Masker ini telah diprakarsai oleh Ketua Umum TP PKK, Tri Tito Karnavian. Ia menegaskan TP PKK siap melaksanakan Instruksi Presiden untuk ikut terlibat langsung dalam gerakan bagi masker dan sosialisasi protokol kesehatan.

“Gebrak Masker singkatan dari Gerakan Bersama Memakai Masker. Dengan gerakan tersebut, diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang beralasan tidak memiliki masker. Karena masalah selama ini banyak yang beralasan tidak mampu membeli masker. Gerakan ini tidak hanya dilakukan sekali saja, namun berkelanjutan dengan memetakan daerah-daerah yang sangat memerlukan masker. (Maria)
Diberdayakan oleh Blogger.