Rahasia Ismed Sofyan Mampu Tampil Konsisten pada Usia yang Tak Lagi Muda

Banda Aceh - Ismed Sofyan akan berusia 41 tahun pada 28 Agustus 2020. Meskipun sudah tak lagi muda, namun Ismed belum mau gantung sepatu dan masih antusias bermain untuk Persija Jakarta.

Ismed Sofyan menjadi pemain paling tua yang ada di Shopee Liga 1 2020. Meskipun belum membuat penampilan untuk Persija Jakarta musim ini, namun Ismed masih dipercaya masuk dalam tim asuhan Sergio Farias tersebut.

Pada usia 40an, stamina seseorang tentu mengalami penurunan. Namun, Ismed Sofyan punya rahasia untuk bisa memaksimalkan stamina tanpa harus kelelahan.

Ismed Sofyan mengaku, sebagai bek sayap kanan dirinya harus mampu mengatur ritme permainan. Pemain kelahiran Manyak Payed, Aceh Tamiang itu juga menjaga pola hidup sehat.

"Sebagai bek sayap yang harus utama memang timing saat menyerang dan bertahan. Kalau tidak tepat, maka stamina akan terbuang begitu saja. Hal inilah yang selalu jadi pedoman saya saat bermain," kata Ismed Sofyan seperti dikutip situs resmi klub, Selasa (11/8/2020).

"Tentunya hal ini juga tidak terlepas dari pola hidup yang sehat mulai dari makanan, olahraga yang istirahat. Selain itu juga jangan cepat puas," tegas Ismed Sofyan.

Sejak bergabung pada 2002, Ismed Sofyan sudah membukukan 370 penampilan untuk Persija Jakarta. Pemain binaan akademi Diklat Ragunan itu juga mampu menyumbang dua gelar yakni Piala Presiden 2018 dan Liga 1 2018 untuk klub berjulukan Macan Kemayoran itu.
Panggung Terakhir?

Shopee Liga 1 2020 diprediksi menjadi panggung terakhir buat Ismed Sofyan di Persija Jakarta. Hal itu sudah terlihat dari awal musim di mana Ismed mengikuti kursus kepelatihan di Spanyol.

Ismed Sofyan memang sudah memberi sinyal ingin melanjutkan kariernya sebagai pelatih. Saat ini, Ismed memiliki lisensi B AFC.

"Kedepan saya mempersiapkan diri untuk mendapatkan lisensi A AFC," kata Ismed Sofyan pada Januari 2020.

sumber : bola.com
Diberdayakan oleh Blogger.