Pemprov Salurkan JPS Covid 19 Tahap III

MERANGIN - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang sangat terdampak Covid-19, yang dinamakan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Covid-19 Tahap III Pemerintah Provinsi Jambi untuk masyarakat Kabupaten Kerinci, Kota Sungai Penuh, dan Kabupaten Merangin, Kamis (27/8).


Seperti JPS tahap I dan II, JPS Tahap III (bantuan periode Juli) ini senilai Rp600.000, terdiri dari 2 komponen: bahan pangan pokok senilai Rp350.000 dan uang tunai senilai Rp250.000. JPS untuk masyarakat Kabupaten Kerinci diserahkan di halaman Kantor Camat Kayu Aro Barat, dan di Kematan Batang Merangin. JPS untuk masyarakat Kota Sungai Penuh diserahkan di Kantor Camat Hamparan Rawang, dan JPS untuk masyarakat Kabupaten Merangin diserahkan di Kantor Camat Pangkalan Jambu.

Asisten Sekda Provinsi Jambi Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II), Ir.Agus Sunaryo,M.Si mewakili Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum secara simbolis memberikan bantuan JPS tersebut kepada perwakilan warga Keluarga penerima Manfaat (KPM).


Dalam penyerahan JPS di Kantor Camat Kayu Aro Barat, Asisten II menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Bupati Kerinci, Dr.H.Adi Rozal, di Kantor Camat Batang Merangin diserahkan secara simbolis kepada Pj.Sekda Kabupaten Kerinci, Asraf yang mewakili bupati Kerinci, di Kantor Camat Hamparan Rawang diberikan secara simbolis kepada Inspektur Sungai Penuh, Suhatril mewakili Wali Kota Sungai Penuh, dan di Kantor Camat Pangkalan Jambu diserahkan secara simbolis kepada Asisten I Kabupaten Merangin Abdul Gani,S.PT,ME.


Jumlah Keluarga Penerima Manfaat JPS Covid-19 Provinsi Jambi Tahap III untuk Kabupaten Kerinci 2.438 KK, untuk Kota Sungai Penuh 1.013 KK, dan untuk Kabupaten Merangin 3.633 KK.


Selain menyalurkan JPS Covid-19, Pemerintah Provinsi Jambi juga memberikan bantuan-bantuan yang ditujukan dan sangat diharapkan bisa memacu perekonomian masyarakat. Bantuan-bantuan pun disesuaikan dengan potensi daerah, diantaranya bibit kopi, bibit kayu manis, sarana pengolahan kopi, pupuk, benih ikan.


Asisten Sekda Provinsi Jambi Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ir.Agus Sunaryo,M.Si mengemukakan, bantuan yang digulirkan diharapkan benar-benar membantu Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yakni memudahkan pemenuhan pangan keluarga.

Selain itu, terkait bantuan-bantuan sektor pertanian, subsektor perkebunan, dan sektor perikanan, Agus Sunaryo sangat mengharapkan agar bantuan tersebut bisa memacu ekonomi masyarakat, supaya ekonomi warga bisa menggeliat ditengah pandemic Covid-19.


Agus Sunaryo menjelaskan, Pertumbuhan ekonomi Indonesia Triwulan II terkontraksi atau negatif 5,32%, artinya hampir semua sektor mengalami penurunan, dan itu sangat terpengaruh atau terdampak Covid-19. Sementara untuk Provinsi Jambi, pertumbuhan ekonomi di Jambi terkontraksi (minus) 1,72% pada triwuaan II. “Ada dua sektor ekonomi yang bertumbuh dengan baik, yakni sektor pertanian dan sektor Kominfo (komunikasi dan informatika),” ujar Agus Sunaryo.


Agus Sunaryo menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi mengupayakan agar bantuan-bantuan yang diberikan diluar JPS, benar-benar menyentuh kepada masyarakat, seperti petani, peternak, pembudidaya ikan, dan masyarakat yang mata pencahariannya di subsektor perkebunan. Hal ini juga diharapkan secara berlahan bisa memulihkan ekomomi warga.


Agus sunaryo mengharapkan dan mengingatkan semua penerima bantuan, baik keluarga penerima manfaaat maupun kelompok tani, untuk menggunakan bantuan sebaik-baiknya.


Agus Sunaryo berpesan agar semua orang disiplin menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Penyebaran Covid-19, untuk menekan kasus Covid-19, dengan demikian kegiatan perekonomian juga bisa bergerak lebih baik lagi.

“Mari sama-sama menerapkan Adaptasi kebiasaan baru (AKB), dengan menggunakan masker Ketika beraktivitas di luar rumah, rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, dan menggunakan hand sanitizer. Selain itu, Agus Sunaryo juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan imunitas dan imanitas.

Bupati Kerinci, H.Adi Rozal, Pj.Sekda Kabupaten Kerinci, Asraf yang mewakili bupati Kerinci, Inspektur Sungai Penuh, Suhatril mewakili Wali Kota Sungai Penuh, dan Asisten I Kabupaten Merangin Abdul Gani pada intinya menyampaikan hal yang senada, yakni ucapan terima kasih kepada Gubernur Jambi dan jajaran Pemerintah Provinsi Jambi atan bantuan JPS Covid-19 Provinsi Jambi Tahap III dan berbagai bantuan lainnya, serta berharap agar bantuan tersebut digunakan sebaik-baiknya.


Tinjau Panen Bawang Putih di Kayu Aro


Sebelum menyerahkan JPS Tahap III, Agus Sunaryo dan pejabat terkait dari Pemerintah Provinsi Jambi meninjau panen raya bawang putih di BPP Kayu Aro. Pada kesempatan ini, Asisten II menyerahkan secara simbolis sertifikat varietas bawang putih Kayu Aro kepada Pemerintah Kabupaten Kerinci, sertifikat tersebut dari Kementerian Pertanian. Selain itu, BPTP Balitbangtan memberikan bantuan benih bawang putih kepada BPP Kayu Aro, disaksikan oleh Asisten II Pemerintah Provinsi Jambi.


Bawang putih yang dipanen tersebut varietas Jangkiriah Agro, dan merupakan varietas baru setelah 25 tahun. Agus Sunaryo berharap varietas tersebut bisa dilaunching di tingkat nasional. (mustar)


Diberdayakan oleh Blogger.