Cegah Kebakaran Hutan di Muarojambi, Sebanyak 32 Personil Satgas Karhutla Diterjunkan



JAMBI - Sebanyak 32 personil Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) Provinsi Jambi diterjunkan ke kawasan hutan di Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, Kamis (13/8/20).

Satgas karhutla tersebut akan bertugas melakukan pencegahan dini kebakaran. Karena kawasan hutan di Kecamatan Kumpeh ini termasuk salah satu kawasan rawan karhutla di Provinsi Jambi.

Pelaksana Harian Satgas Karhutla Provinsi Jambi, Brigjen TNI M Zulkifli mengatakan, penerjunan personil tersebut karena melihat kondisi di sana sering muncul titik api (hot spot).

"Bahkan telah terjadi karhutla di Desa Kemingking, Kecamatan Kumpeh Ilir, pada lahan seluas 5 hektar," ujarnya.

Sebelumnya, Rabu (12/8/20) usai menjemput Kajati Jambi yang baru di Bandar Udara Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, M Zulkifli menuturkan, dalam hal ini Satgas Karhutla tak hanya bertugas sebagai pemadam api. 

Namun lebih jauh akan berupaya mencari penyebab terjadinya karhutla. "Ini akan menjadi acuan dalam melaksanakan penindakan, jadi akan kita telusuri penyebab terjadinya karhutla tersebut," ujar Komandan Korem 042 Garuda Putih (Gapu) Jambi ini kepada wartawan.

Dua hari lalu menurut M Zulkifli telah terjadi kebakaran hutan di Jambi, namun telah berhasil dipadamkan oleh Satgas Karhutla yang dibantu pihak perusahaan dan masyarakat setempat.

"Jadi kerjasama yang baik ini memudahkan kita dalam memadamkan api. Soal penindakan, nantinya ada timdak (tim penindakan) yang telah dibentuk dibawah Satgas Karhutla dan mereka akan bekerja," tutupnya. (ref)


Diberdayakan oleh Blogger.