Polres Sarolangun Gelar Rekontruksi Kasus Pembunuhan



SAROLANGUN - Polisi bersama pihak Kejari Kabupaten Sarolangun menggelar rekontruksi kasus pembunuhan bermotif perampokan sebuah sepeda motor di Jambi.

Rekontruksi tersebut dilaksanakan di tempat kejadian perkara (TKP), yakni dalam kawasan perkebunan karet, di Jalan PT IGUN, Kecamatan Singkut, Kabupaten Sarolangun, Jambi, Selasa (21/7/20).

Rekontruksi ini dilakukan terhadap pelaku Dedi Irawan, setelah ditangkap pada Selasa, 19 Mei 2020 berdasarkan Surat Laporan Polisi : LP/B-60/IV/2020/SPKT/RES Sarolangun tertanggal 7 April 2020.

Kapolres Sarolangun, AKBP Deny Haryanto mengatakan, pelaku sebelumnya berhasil ditangkap anggota Sat Reskrim Polres Sarolangun bekerjasama dengan anggota dari Unit Reskrim Polsek Singkut.

Dalam rekontruksi itu pelaku Dedi Irawan bersama temannya yang masih buron berinisial D, pada hari itu merencanakan mengambil sebuah sepeda motor milik Surman (korban/red) yang tengah menyadap karet.

"Dedi saat itu berperan sebagai eksekutor, sedangkan temannya berinisial D bertugas membantu," ujar kapolres.

Kejadian itu berawal saat korban sedang menyadap karet di kebunnya. Korban didatangi oleh dua pelaku dan pelaku memaksa meminta kunci swis sepeda motor.

Karena korban melawan, maka pelaku berinisial D memukul kepala korban dengan kayu. Selanjutnya, pelaku Dedi Irawan mengarahkan senjata tajam jenis pisau. Korban diikat dan mulut korban dibekap hingga tewas.

"Setelah itu kedua pelaku langsung melarikan sepeda motor korban," tutur kapolres.

Sementara itu, Kanit Pidum Sat Reskrim Polres Sarolangun Aipda Romi S menjelaskan bahwa rekontruksi ini terdiri dari 30 adegan, dari awal pelaku memasuki areal perkebunan karet tempat korban sampai akhirnya pelaku berhasil membawa kabur motor korban.

"Selama pelaksanaan, rekontruksi berjalan dengan aman dan lancar," sebutnya.

Hadir pada rekontruksi tersebut Kasat Reskrim AKP Bagus Faria, beserta Anggota Unit Pidum Polres Sarolangun dan Jaksa Pratama Dodi Jauhari, SH, MH beserta staf dan Pelaku Dedi Irawan. (nus)



Diberdayakan oleh Blogger.